|

Wakil Bupati Sekadau Subandrio Lakukan Tanam Perdana Program Kemitraan PT.AAN

 

Wabup Subandrio saat melakukam tanam perdana program kemitraan PT.Agro Andalan

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH melakukan penanaman perdana kebun kelapa sawit program kemitraan PT.Agro Andalan di dusun Engkorong desa Sungai Sambang kecamatan Sekadau Hulu Jumat (3/3) 2023

Kemitraan program merupakan variasi baru yang dilakukan oleh PT. Agro Andalan bagi.masyarakat yang memiliki lahan kosong namun tidak memiliki modal untuk membangun kebun kata pimpinan area PT.Agro Andalan Setawar Imanuel Tibian.

Adapun skema kemitraan yang kami terapkan adalah semua tanah yang dimitrakan sepenuhnya menjadi milik pemilik tanah (tidak ada inti), kemudian ketersediaan bibit, pupuk dan keterjaminan penerimaan TBS kata Imanuel.

Namun untuk bisa ikut serta dalam.program mitra mandiri, masyarakat harus menunjukkan legalitas lahan seperri surat keterangan tanah (SKT) atau sejenisnya agar lahan yang dimitrakan tidak menjadi sengketa di kemudian hari. Dan areal tersebut juga harus berada di sekitar areal HGU PT.Agro Andalan sambung Imanuel Tibian.

Untuk tahun 2023 tanbah dia lagi, target kita adalah 600 hektare dan mulai dari desa Sungai Sambang, kemudian target berikutnya adalah desa Nanga Pemunuh, dan desa Tapang Perodah ungkap Imanuel.

Kades Sungai Sambang Lican dalam sambuntannya berharap skema kemitraan ini benar - benar bisa berhasil dengan baik. Kepada calon patani mitra Lican mengatakan agar para petani harus memahami skema yang diterapkan oleh perushaan.

Kepala Dinas DKP3 kabupaten Sekadau Drs.Sande M.Si mengapresiasi program kemitraan yang dilakukan oleh PT.Agro Andalan. 

"Kami sangat mengapresiasi kinerja PT.Agro Andalan yang telah membuat perubahan baru dengan membangun kebun Kemitraan' ucap Sande.

Jika semua persyaratan dan legalitas izinnya sudah terpenuhi, maka izin tersebut akan kami terbitkan surat tanda daftar biarawati (STDB) secara gratis.

Untuk diketahui, sampai saat ini dinas DKP3 kabupaten Sekadau telah menerbitkan hampir 2000 persil STDB petani swadaya. Hal itu penting dilakukan untuk percepatan sertifikasi ISPO maupun RSPO.



Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH dalam sambutannya mengatakan, bahwa program kemitraan yang dilakukan oleh PT.Agro Andalan selaras dengan program pemerintah daerah kabupaten Sekadau yaitu IP3K (Infrastruktur, Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat) program ini sangat membantu masyarakat kita yang punya lahan tapi tidak punya modal untuk membangun kebun. Perusahaan ini siap membatu dengan program kemitraan kata wabup.

Wabup juga berharap terobosan yang dilakukan oleh PT.Agro Andalan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain di kabupaten Sekadau.

"Mudah - mudahan PT.Agro Andalan ini bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain di kabupaten Sekadau, meski luas GHU nya kecil, tapi dampak kebijakannya besar" ucap wabup.

Selain membangun kebun sawit wabup juga berharap agar pembinaan terhadap petani padi sawah juga dilakukan agar kebutuhan beras di lingungan perusahaan juga bisa dipenihi dari areal sekitar sini pungkas Subandrio.

Usai memberikan sambutan kepada Subandrio langsung melakukan penyegelan perdana didampingi kadis DKP3 dan pimpinan PT.Agro Andalan serta undangan lainnya.(darno)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini