-->
    |

Lapas Banjarbaru Gelar Apel Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023

 


Banjarbaru, Kapuasrayatoday.com - Pemasyarakatan Kemenkumham RI kini memasuki usia 59 tahun, pada Selasa (27/4/2023). Memaknai hal tersebut, Lapas Kelas II Banjarbaru menggelar Apel Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan tahun 2023 yang berlangsung di Halaman Kantor Lapas Banjarbaru.

Kegiatan dipimpin oleh Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang yang bertindak sebagai Pembina Apel. Turut hadir dalam kegiatan, para Pejabat Struktural Eselon IV dan V, serta Staf Pegawai hingga Petugas Regu Pengamanan.

“Pada tanggal 27 April ini, di tahun 1964 adalah momen dimana Pemasyarakatan dikukuhkan menjadi sebuah sistem baru yang menggantikan sebuah sistem lama warisan kolonial. Sebuah sistem yang oleh para pendahulu kita ditata jauh lebih manusiawi dan berlandaskan Pancasila,” ujar Amico membuka sambutan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Amico mengatakan bahwa Hari Bakti Pemasyarakatan adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan kembali perjalanan panjang Pemasyarakatan dalam melakukan penegakan hukum dan pelindungan HAM bagi Tahanan, Anak, dan Warga Binaan. 

“Pada pagi hari ini saya ingin mengajak semua insan Pemasyarakatan untuk sejenak hening, merenungkan serta memanjatkan doa bersama untuk jasa-jasa perjuangan para pendahulu kita serta memohon kelancaran dan keselamatan bagi kita generasi penerus institusi pemasyarakatan dalam melaksanakan pengabdian bagi bangsa dan negara,” tuturnya.

Amico mengingatkan kembali fungsi petugas pemasyarakatan sebagai pelayan publik harus seimbang dengan pembenahan-pembenahan di area pelayanan terhadap masyarakat. “Kita harus mampu melakukan transformasi untuk meningkatkan layanan sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Menutup sambutan Dirjenpas, Amico mengajak seluruh jajaran untuk mengoptimalkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas dengan Peningkatan Pelayanan Publik dan Peningkatan Persepsi Anti Korupsi.

“Bukan hanya dapat menempatkan diri dengan pola hidup sederhana dan rendah hati, namun kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan, saya tekankan tetaplah menjadi pelayan masyarakat yang BerAKHLAK dan Anti Korupsi," tegasnya.

"Jadilah pribadi unggul yang mempunyai semangat mengabdi dengan tulus dan ikhlas, penuh dedikasi serta memiliki  komitmen untuk menjaga integritas moral  dan tetap berpedoman pada 3+1, 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju dan penerapan Back to basics,” tutup Amico mengakhiri sambutan Dirjenpas.

Amico juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Pegawai Lapas Banjarbaru. "saya ucapkan terimakasih atas dedikasi dan dukungannya dalam rangka mensukseskan gelaran rangkaian HBP ke-59 tahun 2023 dan terus melaksanakan tugas ditengah adanya Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 H," tutur Amico.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-59 dengan tema "Transformasi Pemasyarakatan semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju", yang turut disemarakkan oleh Lapas Banjarbaru, diantaranya adalah Pekan Olahraga Pemasyarakatan melalui pertandingan eksebisi yang melibatkan Warga Binaan dan Stakeholder, Catur Online antar ASN Kemenkumham, Pemasyarakatan Bersih-bersih, Pelayanan Kesehatan Proaktif Bagi Keluarga Warga Binaan dan Warga Binaan, Donor Darah, Safari Ramadan, Lomba MTQ Warga Binaan, One Day One Prison’s Product, Ziarah dan Tabur Bunga di taman makam Pahlawan, Seminar Pemasyarakatan, dan Bakti Sosial Pemasyarakatan Peduli.(*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini