|



Peringati HBP Ke-59, Petugas Lapas Banjarbaru Ikuti Upacara Tabur Bunga dan Ziarah di TMP Bumi Kencana Kota Banjarbaru

 


Banjarbaru, Kapuasrayatoday.com - Mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur sekaligus menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59, Petugas Lapas Kelas IIB Banjarbaru mengikuti Upacara Tabur Bunga dan Ziarah bagi para Pahlawan Pemasyarakatan dan Revolusi. Acara yang dilaksanakan serentak di seluruh Wilayah Indonesia ini berlangsung dengan penuh khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana Kota Banjarbaru, pada Kamis (06/4/2023). 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kalsel, Faisol Ali dan sebagai Komandan Upacara, Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang, serta selaku Perwira Upacara, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Ahmad Tohari.

Kegiatan diawali dengan melakukan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh inspektur upacara, kemudian mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara di monumen pahlawan serta ditutup dengan pembacaan doa. Usai pelaksanaan upacara, seluruh peserta upacara melakukan  tabur bunga di makam para pahlawan.

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali Faisol mengungkapkan bahwa perjuangan para pahlawan harus mampu diteruskan dengan mengedepankan semangat melayani dan mengabdi kepada bangsa dan negara sesuai dengan tugas dan fungsi yang diemban oleh seluruh Insan Pengayoman.

"Sebagai anak bangsa yang baik untuk mencintai dan mengenang pahlawan yang telah gugur mendahului kita sehingga bisa menginspirasi melanjutkan cita-cita para pahlawan kusuma bangsa, sejalan dengan tema yang diusung pada HBP Ke-59, Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju," ungkap Faisol.

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan yang bertujuan mengingat kembali sejarah, dan mengenang jasa para pahlawan sekaligus menumbuhkan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang gugur sebagai kusuma bangsa demi mempertahankan bangsa dan negara. 

"Nilai-nilai perjuangan para pahlawan tersebut senantiasa kita jadikan semangat pantang menyerah, kerja keras, gigih dalam berjuang, serta tanpa pamrih, yang semua itu juga harus bisa diinternalisasikan ke dalam setiap langkah kerja seluruh petugas Lapas Banjarbaru," tutur Amico.

Turut hadir dalam kegiatan, yaitu Kepala Divisi Pemasyarakatan, Sri Yuwono, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ngatirah, Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Banjar Raya, Pejabat Administrasi pada Kantor Wilayah dan Pejabat Struktural pada UPT Pemasyarakatan serta Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Se-Banjar Raya.(*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini