|



Jadi Pembicara Di Gratieks 2023, Ini Harapan Kadis DKP3 Sekadau

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil bupati Sekadau, Subandrio SH.MH

Bersama Anggota Komisi IV DPR RI Yessi Melania SE membuka dan menghadiri kegiatan Bimtek percepatan gerakan tiga kali Eksport (Gratieks) yang berlangsung di aula hotel Vinca Borneo jalan Mawar Sekadau Senin (15/5) 2023.

Kegiatan tersebut juga di hadiri Plt kepala balai karantina Entikong

drh. Amir Hasanudin. 

Amir menentukan, untuk memenuhi kriteria ekspor, kita harus memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu. Selain itu, kualitas dan kwantitas juga harus terjaga. "Eksport itu harus memenuhi persyaratan - bersyarat tertentu" kata Amir..Di kalbar, ekspor kita pada tahun 2021 mencapai Rp.4,45 T.

Dari jumlah tersebut, 85 persennya di sumbangkan dari sektor pertanian dan perkebunan. Salah satunya adalah buah durian yang sudah di kemas dalam bentuk pasta, kelapa, sawit beserta turunannya, lada, cangkang sawit, gula merah, semangka, pisang,jahe dan masih banyak lagi komuditas lainnya kata Amir. 

Kepala dinas DKP3 kabupaten Sekadau Drs.Sande M.Si berharap dengan mengikuti kegiatan ini, para petani milenial yang nota bene menguasai teknologi impormasi bisa menjadi petani berdasi. Jangan seperti petani kita dulu, nanam hanya untuk komsumsi sendiri saja kata Sande.

"Kepada petani milenial kita berharap, dengan jarak yang tidak begitu jauh antara Sekadau ke Entikong, harapan kita mereka bisa mengetahui komuditas apa saja yang bisa kita jual ke luar sehingga kita bisa menanam komuditas yang sesuai dengan permintaan pasar luar negeri pungkas Sande.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini