|



Lapas Narkotika Karang Intan Ikuti Penguatan Kapasitas Rehabilitasi Pemasyarakatan

 


Bogor, Kapuasrayatoday.com.– Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana Rahmat Pijati, ikuti kegiatan Penguatan Kapasitas Rehabilitasi Pemasyarakatan khususnya bagi Program Manager (PM) yang digelar Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Bogor tanggal 14-16 Juni 2023.

“Secara umum kegiatan membahas standar penanganan rehabilitasi medis dan sosial, dan berbagai manfaat yang didapat selama mengikuti kegiatan tersebut. Bagaimana fungsi PM dalam melaksanakan layanan rehabilitasi, adanya kesamaan persepsi pada masing-masing satuan kerja penyelenggara rehabilitasi dan PM dituntut untuk dapat membuat program kerja agar layanan rehabilitasi yang diselenggarakan dengan baik,” ungkap Rahmat Pijati, Sabtu (17/6/2023).

Lebih lanjut dirinya menambahkan, peran PM sangat penting dalam penyelenggaraan layanan rehabilitasi dan pada kegiatan tersebut, setiap perserta diharuskan mampu membuat program kerja rehabilitasi untuk kemudian dipresentasikan di hadapan peserta lainnya.

Kegiatan penguatan yang dibuka langsung oleh Koordinator Perawatan Khusus dan Rehabilitasi, dr Hetty Widiastuti. Dirinya menyampaikan tujuan kegiatan yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas rehabilitasi pemasyarakatan, dengan fokus pada pendekatan rehabilitasi yang efektif dan strategi pengelolaan narapidana.

Penguatan rehabilitasi pemasyarakatan membahas berbagai topik yang relevan, termasuk metode rehabilitasi pemasyarakatan terkini, pendekatan psikososial, manajemen risiko, dan keterampilan komunikasi efektif. Peserta diberikan wawasan mendalam tentang strategi pengelolaan kelompok narapidana, teknik konseling, pendekatan terapi yang inovatif, serta cara mengidentifikasi dan mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam proses rehabilitasi.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan Wahyu Susetyo dalam keterangan terpisah mengungkapkan, kegiatan yang diikuti anggotanya merupakan bagian dari komitmen nyata dalam penyelenggaran rehabilitasi yang diharapkan memberi dampak positif terhadap Warga Binaan residen rehab.

"Kita berkomitmen untuk memberikan rehabilitasi yang efektif kepada Warga Binaan residen rehabilitasi yang saat ini kita selenggarakan. Kegiatan yang menekankan terapi perubahan perilaku adiktif menjadi adaptif dengan kebiasaan baru yang lebih baik,” pungkasnya.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini