-->
    |



Panwascam Kapuas Rapat Penguatan Fasilitasi Administrasi Sekretariat

Foto: Kegiatan Penguatan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggara Pemilu

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Menjelang Pemilu serentak pada tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kapuas, menggelar Rapat Sosialisasi bertemakan Fasilitasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu di Kecamatan Kapuas untuk para Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan Desa, PPK, dan Staf Sekretariat Panwascam Kapuas.

Panwascam Kapuas terus aktif dalam menyelenggarakan kegiatan Rapat Fasilitasi Pengelolaan Administrasi Sekretariat Panwascam Kapuas dengan tema Penguatan Kompetensi Administrasi Sekretariat Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Puncak Kapuas 2 pada hari Jum'at (13/06/2023)

Turut juga menghadiri Koordinator Sekretariat Bawaslu Sanggau Syukur. Peserta terdiri dari Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan, Perwakilan PKD dari PPK, Beserta Staf Panwascam Kapuas.

Dalam laporannya, Koordinator Sekretariat mengatakan, tujuan Rapat Sosialisasi ini agar Panwaslu khususnya mampu menentukan langkah-langkah strategis dalam rangka Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu.

“Selanjutnya untuk meningkatkan pemahaman bagi jajaran aparatur pengawas pemilu dan stakeholder tentang pengawasan penyelenggaraan tahapan pemilu dan agar dapat mendeteksi lebih awal dan melakukan pencegahan jika ditemukan pelanggaran dalam pemilu,” jelasnya.

Sebagai narasumber, Anggota Panwascam Kapuas Aloysius Apin menyampaikan beberapa hal terkait Peran Pemerintah dalam hal sebagai Penyelenggaraan Pemilu dan berpesan kepada Panwaslu kelurahan desa untuk mengantisipasi kerawanan TMS data pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Kerawanan itu terdiri dari faktor resiko kesalahan penyelenggara seperti kekeliruan distribusi logistik, banyak ormas yang terlibat mendukung calon yang berasal dari ormas, penyebaran provokasi atau kampanye hitam melalui media sosial, money politic, dan penggunaan SARA dalam kampanye. Ini harus diawasi, dan harus menindak Ketika ada pelanggaran,” pesannya (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini