|

PGD Ke XII Kabupaten Sekadau Resmi Di Buka

 

Bupati dan rombongan memasuki gerbang area Gawai.

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Pekan Gawai Dayak (PGD) ke XII tahun 2023 secara resmi dibuka oleh bupati Sekadau Aron SH di Betang Yout Senter  pada Selasa (18/7) 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Anggota DPD RI Maria Goreti, Utusan Gubernur Kalbar, Kapolres Sekadau,Dandim 1204 Sanggau - Sekadau, Ketua DAD Provinsi Kalbar,ketua dan pengurus DAD kabupaten Sekadau, ketua panitia gawai ke XII, Perwakilan dari MADN, Uskup Ke-Uskupan Sanggau Mrg.Valentinus Saeng CP, Para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Untuk memasuki tempat duduk, bupati dan rombongan di iringi tarian tradisional sub suku Kerabat.


Bupati Sekadau Aron SH dalam sambutan pembukaan PDG mengatakan, Gawai merupakan tradisi adat Dayak yang sudah turun temurun. Dan gawai merupakan bentuk rasa syukur atas panen padi yang diperoleh selama satu tahun sebelumnya.

"Gawai merupakan ungkapan rasa syukur kita atas hasil panen padi yang kita peroleh tahun sebelumnya" kata Aron.

 Aron berharap kebudayaan yang sudah turun temurun ini, harus di lestarikan. Dan tidak hanya seremonial saja. Harus ada catatan sejarahnya. Selain sebagai merupakan tradisi tradisional, gawai juga merupakan ajang promosi kebudayaan baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional pungkas Aron.

Para tamu undangan mengelilingi tempayan tuak sebagai prosesi adat gawai. 

Para tamu undangan 


Usai memberikan sambutannya, bupati dan rombongan menaiki panggung utama dengan tradisi injak telur dan disambut dengan tarian adat sub suku Kerabat sebagai tuan rumah gawai ke XII kabupaten Sekadau tahun 2023 dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.( darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini