|

Turis Asal.Swedia, Kagum Dengan Tradisi Gawai Dayak Di Sekadau Sangat Luar Biasa

 

Mimmi Luna Turis asal Swedia  dan Medan Turis Asal Malaysia saat berkunjung di acara PGD ke XII tahun 2023

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Pekan Gawai Dayak (PGD) ke XII kabupaten Sekadau sudah digelar sejak Selasa 18 Juli 2023 lalu. Selain mengunjungi oleh masyarakat lokal, Gawai Dayak tahun ini juga dikunjungi oleh turus asal swedia dan Malaysia.

Berikut wawancara kami dengan turis asal Swedia Mimmi Luna yang berlangsung di Betang Yout Center Kamis (20/7) 2023 pagi. Yang telah diterjemahkan oleh bapak Niko Bohot.

Apa tanggapan atau komentar anda tentang Gawai Dayak ? 

Woo, saya sangat senang bisa berada di Sekadau. Orang Sekadau tampaknya semua senang dengan saya, berfoto, senyumnya luar biasa kata Mimmi Luna. 

Itu sangat menyenangkan dan saya sangat bangga bisa hadir melihat corak yang berbeda dari negara saya. Swedia dan saya merasa diterima dengan baik oleh semuanya.

Malam pertama saya disuguhkan dengan tuak. Sungguh penerimaan yang luar biasa karena saya punya teman seperti pak Niko yang kenal dengan saya pada Agustus 2022 saat gawai dayak di Balai Karangan. Pak Niko dan Panitia undang saya untuk hadir sungguh luar biasa ujar Luna dengan wajah sumringah. Kebudayaannya sungguh luar biasa. Berbeda dengan kami di Swedia kata luna..

Tahun depan, rencana gawai akan diadakan pada akhir bulan Juli atau sekitar tanggal 25 Juli apakah Anda bersedia datang lagi ?

Oh itu tentu sebuah program yang bagus, karena saya sudah kenal dengan Sekadau, dan nanti saya akan usahakan hadir bersama kawan-kawan lain karena sudah tahu dari sekarang ungkap Lina.

Tahun ini saya akan pindah ke Australia, jadi saya lebih dekat kalau ada gawai tahun depan bisa saya datang lagi.

Bagaimana Anda melihat kaum muda Dayak selama Anda melihat gawai dari pembukaan kemarin ?

Mereka saya kira sangat sopan semuanya dan saya kira itu ciri-ciri anak muda yang bagus dan perlu diteruskan nanti pungkas Luna.

Pak Medan, andakan orang Dayak Iban dari Kuching Malaysia.apa komentar anda tentang Gawai di sekadau ?

Wah..ini memang luar biasa, saya orang Dayak juga, tapi saya baru pertama kali melihat orang Dayak berkumpul dengan seni yang luar biasa, yang datang dari berbagai wilayah. Ini baru pertama kali saya lihat orang Dayak sebanyak ini, ini luar biasa kata Medan sambil tersenyum.

Penulis.  Sudarno

Pemerjemah : Niko Bohot.

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini