|

Bawaslu Sanggau Fasilitasi Penguatan Kelembagaan Panwascam Se Kabupaten Sanggau

Foto: Kegiatan Fasilitasi Penguatan Kelembagaan Pengawasan Pemilu Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau

Sanggau.kapuasrayatoday.com-
Kelembagaan Panwaslu Kecamatan yang sembilan bulan terbentuk terus diperkuat. Penguatan ini dilakukan melalui Rapat Koordinasi Fasilitasi Penguatan Kelembagaan Panwaslu Kecamatan Se- Kabupaten Sangggau dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, Kamis (24 Agustus 2023), di Aula Hotel Emerald.

Ketua Kordiv SDM-O-Diklat Bawaslu Sanggau Ahmad Zaini yang baru terpilih lagi periode 2023-2028, dalam sambutannya memaparkan pentingnya sumber daya manusia (SDM).

“Institusi hanyalah benda mati. Institusi menjadi hidup karena ada Sumber Daya Manusia atau SDM,” kata Zaini sapaan akrabnya

Lanjutnya, menurut Zaini, semua SDM yang ada di Panwaslu Kecamatan merupakan orang paling bertanggung jawab akan hidup atau tidaknya institusi, akan baik atau tidaknya Panwaslu Kecamatan.

Masih menurut Zaini, di antara yang menguatkan lembaga yaitu staf. “Apabila Panwaslu Kecamatan merekrut staf yang tidak berkualitas maka akan menghambat kerja-kerja lembaga,” tutur zaini

Sementara, Ketua Bawaslu Sanggau Periode 2023-2028 Septiana Ika Kristia, dalam sambutannya menyoroti kualifikasi kerja yang harus dilakukan SDM pengawas.

“Penyelenggara Pemilu harus bisa berkomitmen untuk menjamin proses pemilu dengan independen, dan supaya Pemilu dijamin kredibel,” kata septia ika di hadapan peserta

Fasilitasi Penguatan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau ini juga diisi dengan materi Penanganan Pelanggaran oleh Candra Apriansyah lanjut Jokomulyo Hari Setiawan tentang materi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sanggau.

Juga acara pisah sambut dan permintaan maaf diutarakan kepada anggota Bawaslu kabupaten dan perwakilan pawascam, karena dengan ketegasannya membuat para staf di bawah ketar-ketir, namun itu semua semata-mata agar bekerja secara maksimal berpatokan regulasi atau hukum. 

Malam semakin larut, tepuk tangan tak henti-hentinya diberikan oleh seisi ruangan tatkala memberikan kata sambutan melangkahkan kakinya menuju podium depan mimbar. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini