|

Bupati Sekadau Buka Bimtek Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Sumber Daya Aparatur Desa dengan tema “Sinkronisasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa”.yang berlangsung di Hotel Vinca Borneo Sekadau, pada Selasa, (29/8) 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Institut Sinau Indonesia (ISI) yang berpusat di Jakarta, pelaksanaan kegiatan ini sesuai amanat Undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang desa dan Permendagri No 20 Tahun 2018.

Bimbingan Teknis Sinkronisasi 

Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa diikuti sekitar 57 Peserta. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari mulai dari

tanggal 28 - 31 Agustus 2023.

Materi yang disampaikan pada bimtek tersebut sesuai Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, yaitu Membangun Kesadaran Hukum dari Desa, Pencegahan Korupsi dalam Proses Perencanaan dan Penganggaran APBDes.

Bupati Sekadau, Aron, S.H berharap melalui bimtek ini, ada keterpaduan, pandangan dalam perencanaan dan penganggaran di desa antara kades, BPD, Tim Penggerak PKK dan tokoh masyarakat dapat membawa desa menjadi maju dan mandiri kata Aron.

Aron menambahkan,, Perencanaan desa harus sejalan dengan program Bupati Sekadau yaitu Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan untuk Kesejahteraan masyarakat (IP3K).

Bupati juga mengapresiasi yang setinggi - tingginya kepada Institut Sinau Indonesia (ISI) karena telah menyelenggarakan bimtek hari ini.

Menurutnya, Visi dan Misi kades harus saling mendukung, seperti yang dipersyaratkan dalam prioritas penggunaan DD tahun 2023, yaitu program ketahanan pangan sebesar 20% program tersebut sangat relevan dengan bidang Pertanian dan Perikanan dalam mewujudkan ketersediaan pangan untuk konsumsi masyarakat kata Aron.

"Patut kita syukuri bahwa Kabupaten Sekadau jauh lebih maju dalam mengelola keuangan desa"ungkapnya

Apalagi lanjut Aron, tahun 2023 ini kita telah menggunakan transaksi non tunai, karena lebih efisiensi menggunakan waktu, biaya dan tenaga, serta keamanan dipastikan terjamin

Saya berharap ada peningkatan kapasitas pemerintah desa, khususnya 10 desa yang mendapat alokasi kinerja, agar dapat memahami peran dan fungsinya dalam melakukan perencanaan dan penganggaran dengan kondusif, tidak ada saling curiga karena sama berkontribusi demi kemajuan desanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut

Inspektorat Kabupaten Sekadau, Direktur Institut Sinau Indonesia (ISI), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sekadau dan para staf desa yang membidangi keuangan desa.(darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini