|

dr. H. Sadiman : Puskesmas Merupakan Fasilitas Pemerintah untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Terhadap Masyarakat

 


Banjarmasin,Kapuasrayatoday.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang bertujuan menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan perawatan individu tingkat pertama.
Puskesmas menolak upaya promotif dan preventif guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal

Pada perhelatan acara lokakarya dr. H. Sadiman memberikan sambutan pembukaan menyampaikan, puskesmas merupakan fasilitas dari pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,' Rabu (9/08/2023).

Ibu Yohana dari dinas kesehatan Kota Banjarmasin dalam kesempatan ini memohon kerjasama para tokoh masyarakat untuk menyampaikan guna mensukseskan program pelayanan mutu kesehatan Puskesmas Kuin Raya dalam permasalahan penurunan stunting dan kualitas kesehatan masyarakat,”imbuhnya.

Perwakilan Camat Banjarmasin Barat, diwakili oleh ibu Nina menuturkan kami berharap kita bersama-sama mendukung kegiatan mutu pelayanan kesehatan  dalam lokakarya lintas sektor Puskesmas Kuin Raya Kota Banjarmasin.

dr H. Sadiman sebagai Nara sumber lokakarya lintas sektor memaparkan evaluasi kinerja mutu pelayanan Puskesmas Kuin Raya, berdasarkan evaluasi capaian SPM (standar pelayanan minimal) bidang kesehatan di Puskesmas Kuin Raya ada 12 indikator SPM bidang kesehatan yang  telah dilakukan pencapaian persentase pelayanan pada kesehatan penderita 

1. Ibu hamil 31.3%

2. Ibu bersalin 37.1

3. Bayi baru lahir 36.6%

4. Balita (usia 12-59) 45.0%

5. Usia pendidikan dasar 98.1%

6. Usia Produktif (12-59 tahun) 31.1%

7. Usia lanjut diatas 60 tahun 55.4%

8.  Hipertensi 17.3 %

9.  Diabetes melitus 22.5%

10. Orang dengan gangguan jiwa berat 79.6%

11. Orang terduga TB 37.2%

12. Orang dengan resiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia (HIV) 18.3% , "paparnya.

Adapun waktu dan jenis pelayanan Kuin Raya, Kelurahan Belitung Utara memberikan pelayanan dari hari Senin hingga hari Sabtu baik pelayanan umum, anak /(MTBS), imunisasi anak, KIA, KB, Gigi, Gizi, Lansia, Remaja, pemeriksaan TB/Infeksi dan pelayanan laboratorium serta klinik sanitasi."ungkap dr H Sadiman.

Dalam pelayanan kami memberikan hak terhadap pasien memperoleh layanan yang layak, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang efektif dan efesien agar  mendapatkan pelayanan privasi dan kerahasiaan penyakit yang di derita pasien.

"Silahkan komunikasikan dengan pihak Puskesmas Kuin Raya jika ada masukan dalam pelaksanaan pelayanan untuk kemajuan meningkatkan mutu Puskesmas Kuin Raya,"tutupnya.

Acara lokakarya lintas sektor dihadiri Dinas Kesehatan kota Banjarmasin, perwakilan camat Banjarmasin Barat, Lurah Belitung Utara dan Kuin Selatan, Bhabinkamtibmas sektor Banjarmasin Barat, Dewan Kelurahan, Para Ketua RT dan para kader Posyandu, Posbindu, PKK .(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini