-->
    |



Lestarikan Budaya Jawa, Desa Pasar Miring Gelar Acara Gebyar 1Suro Bersih Deso

 


Deli Serdang,Kapuasrayatoday.com - Gebyar Seni Budaya 1Suro Bersih Deso Pasar Miring, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang Sunatra Utara dikunjungi sekitar 1000 warga desa, pada Senin 14 Agustus 2023, sekira pukul 20.00 Wiba.

Gebyar Bersih Deso merupakan tradisi slametan yang identik dilakukan setiap pergantian tahun hijriyah yaitu Muharram. Muharram atau disebut bulan Suro merupakan awal bulan hijriyah.

Tujuan diadakannya kegiatan Bersih Deso ini adalah sebagai penanda awal yang baik untuk 1 tahun kedepannya. Selain itu, acara ini menjadi kegiatan perkumpulan masyarakat sehingga terjalin kerukunan antar sesama.

Desa Pasar Miring, menggelar acara akbar Gebyar Bersih deso, yang dimeriahkan oleh Lembaga Kesenian bunga Tanjung studio 1 desa Sidoharjo 1 Pasar Miring yang menampilkan Tarian 'Ondel-ondel' dan Tarian 'Gending Parit', dan permainan Gamelan 'Jaya Laras' dari Ki Dalang Joko asal Simalungun, dilanjutkan dengan Wayang Orang dari Sanggar Sinar Budoyo' dari Kabupaten Sergai.

Acara ini diperkasai oleh 'Tim Sumut Rumah Kita' berkolaborasi bersama  Kepala desa Pasar Miring Santoso dan dihadiri oleh tokoh masyarakat serta para tamu undangan lainnya termasuk dari Anggota PDI-P Sumut Ramses Simbolon, Camat Pagar Merbau H. Ibnu Hajar S.Pd, S.Sos, Relawan Ganjarian Spartan, Barisan Rambut Putih, Komite Nelayan dan Petani, Penggiat Seni Budaya Kabupaten Deli Serdang Indra Purba.

Rangkaian acara pun dimeriahkan oleh tari tradisional 'Jaran kepang' (jaranan), Campursari, Tari-tarian dan Wayang Kulit yang dimainkan oleh Ki Dalang Sunarno dengan Lakon 'Semar Bangun Khayangan'.

Pantauan media ini dilokasi kegiatan, kegiatan tersebut menjadi tontonan yang meriah bagi masyarakat sekitar dan menjadi peluang usaha bagi pelaku UMKM desa Pasar Miring.

Dan hal yang paling dinanti, tampak saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa warga melalui Video Conference (Vidcon) secara live yang berlangsung sekitar 30 menit.. 

Melalui kegiatan Bersih Deso'Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau. harapannya semoga di tahun baru Islam kita dilimpahi berkah dan diberikan perlindungan (Rizky Zulianda/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini