|

Monev Ke KSP, DKP3 Minta Kemitraan Dengan Petani Swadaya Diperkuat

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Tim Indeks K kabupaten Sekadau kembali melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Kalimantan Sangar Pusaka (PT.KSP) senin (21/8) 2023. 

Kedatangan tim Monev tersebut berada dalam rangka upaya penetiban carut marut tata niaga Tandan Buah Segar (TBS) di kabupaten Sekadau. 

Kegiatan Monev dilakukan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara 8 PKS dan pemerintah daerah kabupaten Sekadau pada 12 Juli 2023 lalu.

Dalam paparannya, ketua rombongan tim monev Paulus Rimus meminta kepada PKS PT.KSP untuk menyampaikan data mengenai sumber buah,termasuk patani swadaya yang menjadi mitra PKS PT.KSP dan data rendemen kata Rimus. 

Selain itu.keberadaan RAM/ Vendor dilingkungan IUP PT.KSP juga kita perlukan datanya ujar Rimus.



Data tersebut diperlukan untuk melihat keseriusan pihak PKS dalam menjalankan kesepakatan yang telah kita sepakati bersama beberapa waktu lalu

Kita berhapap PKS tidak menerima buah dari pihak ketiga sambungnya.

Harapannya dengan tidak diterimanya buah dari pihak ketiga/vendor maka dengan sendirinya RAM/Vendor secara perlahan akan hilang dengan sendirinya ucap Rimus.

Selain itu, dengan baiknya kemitraan dengan petani swadaya kita juga secara perlahan menutup ruang untuk kedamaian PKS tanpa kebun. Untuk itu, kami mengharapkan dukungan dari semua PKS yang ada sambung Rimus.

Sementara itu, salah satu pimpinan PT.KSP Abet Nego menyebutkan, selama ini sudah membangun kemitraan baik dengan petani plasma. Sedangkan dengan petani swadaya juga sudah berjalan cuma belum membuat perjanjian katanya. Kedepan akan segera kita mitrakan sambungnya.

Menyikapai kondisi investasi kami di kabupaten Sekadau, kami tetap berkoordinasi dengan pemkab supaya di lapangan tidak terjadi komplik pungkas 

Pertemuan selanjutnya diakhiri dengan diskusi bersama. (Darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini