|

Hadiri Gelar Deklarasi Pemilu Damai 2024, Ini Pesan Kapolsek Bunut Hulu

 


Kapuas Hulu,Kapuadrayatodsy.com - Kapolsek Bunut Hulu Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar Iptu Jaspian menghadiri gelaran Deklarasi Pemilu Damai 2024 di aula Kantor Kecamatan Bunut Hulu, Sabtu (11/11/2023).

Deklarasi pemilu damai tersebut menghadirkan Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu Musta'an, S.Sos, Komisioner KPUD Kabupaten Kapuas Hulu Sulaiman Iskandar, S.PdI, Camat Bunut Hulu Joko Kusmanto, SH, Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian, Danramil 1206-13/Bunut Hulu, Kepala KUA Kecamatan Bunut Hulu Mulyadi, S.PdI, Penggawa Kecamatan Bunut Hulu M. Taha, Kades se-Kecamatan Bunut Hulu dan pimpinan partai politik yang ada di Kecamatan Bunut Hulu serta para Caleg yang berasal dari Kecamatan Bunut Hulu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Musta'an pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, untuk mensukseskan Pemilu tidak saja menjadi tanggung jawab penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu, tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh pemangku kepentingan.

Untuk itu, Musta'an meminta kepada seluruh Camat, Kepala Desa menjaga keamanan dan kelancaran serta kelancaran Pemilu diwilayah masing - masing. Sehingga pelaksanaan pesta demokrasi serentak tahun 2024 dapat berjalan aman, lancar, jujur ​​dan adil serta berkualitas.

Selain itu, unsur Pimpinan Kecamatan bersama kepala desa, dan peserta pemilu serta penyelenggara pemilu terus mensosialisasikan pemilu damai. Tanpa riasan politik uang, isu Sara, pemilih diwakilkan dan netralitas ASN dan kepala desa perangkat desa.

Musta'an juga mengapresiasi inisiasi deklarasi pemilu damai oleh Camat Bunut Hulu bersama Kapolsek, Danramil, Panwascam dan PPK Kecamatan Bunut Hulu. “Ini deklarasi damai yang pertama di gelar oleh Kecamatan yang di inisiasi oleh Forkopincam bersama Panwascam dan PPK. Dan langkah ini sudah sangat tepat. Semoga bisa segera disusul kecamatan lain di Kapuas Hulu,” jelasnya.

Dalam acaranya, Kapolsek Bunut Hulu Iptu Jaspian mengajak semua pihak untuk bersama-sama menciptakan suasana aman, damai dan kondusif menjelang Pemilu serentak tahun 2024 atau sesudah Pemilu sesuai tujuan digelarnya deklarasi ini.

Memasuki tahapan pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2024 yang akan diselenggarakan tidak lama lagi, Kapolsek Bunut Hulu menghimbau kepada seluruh tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama menjaga suasana kamtibmas khususnya di Kecamatan Bunut Hulu tetap aman, sejuk dan damai.

Perbedaan pemahaman serta pandangan politik adalah suatu yang lumrah namun jangan hal tersebut menjadikan jarak yang berimplikasi dalam kehidupan sosial sehari-hari.

“Perbedaan pandangan dan pilihan politik adalah hak setiap warga masyarakat, dan tentunya kita harus bijak dalam menyikapi hal ini. Berbeda bukan berarti harus bermusuhan,” ucap Iptu Jaspian.

“Jadi mari kita terus pererat silaturahmi dan menjaga kebersamaan semangat persatuan dan kesatuan di Kecamatan Bunut Hulu,” ajak Iptu Jaspian.

Terakhir, mantan Kasihumas Polres Kapuas Hulu berpesan kepada para undangan yang hadir untuk cerdas dalam menerima setiap informasi dari media sosial, dimana warga masyarakat diharapkan dapat menyaring dan mengantisipasi berita yang bersifat hoax dan kebencian sehingga tidak terpancing oleh informasi yang tidak jelas yang berpotensi menimbulkan kekisruhan di tengah-tengah masyarakat.

Pembacaan deklarasi Pemilu Damai dipimpin Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu Musta'an, S.Sos dan diikuti pengurus partai politik serta caleg peserta Pemilu dan komitmen dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu dan Komisioner KPUD Kabupaten Kapuas Hulu bersama jajaran Forkopincam dan PPK, Panwaslu serta seluruh perwakilan parpol dan caleg peserta pemilu serentak tahun 2024 serta Kades se-Kecamatan Bunut Hulu dan Penggawa Kecamatan Bunut Hulu.

Penulis : (Hms Polsek Bunut Hulu/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini