-->
    |



Kelompok Tani Glotado Setawar Panen Perdana Padi, PPL, Yayasan Yan Katulistiwa dan PT.Agro Andalan Dinilai Berhasil Dampingi Petani Padi Sawah

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Setelah melakukan kunjungan ke hutan Timba Engkulong, bupati Sekadau Aron SH beserta rombongan melakukan panen perdana padi di kelompok tani Glotado Desa Setawar kecamatan Sekadau Hulu Selasa (5/3) 2024.

Sebelum melakukan panen perdana, Bupati, Kapolres, Dandim 1204 Sanggau, ketua TP.PKK Nyonya Magdalena Susilawati Aron SP dan ketua Bhayangkari cabang Sekadau melepakan 2000 ekor bibit ikan berbagai.jenis ke sungai Engkuyong yang tak jauh dari lokasi sawah kelompok tani Glotado.

Usai melepas benih ikan, bupati dan rombongan melakukan panen perdana padi secara bersama - sama.

Atas keberhasilan tersebut kelompok tani Glotado secara teknis di damping PPL desa Setawar dan Yayasan Karulistiwa,. Sedangkan pengadaan bibit serta pupuk di suport oleh PT.Agro Andalan.

Dari hasil ubin panen (sampel panen) setelah di bersihkan rata - rata menghasilan 4.3 ton per hektare. Hasil ini dinilai cukup berhasil untuk kelompok tani pemula.

Kepala desa Setawar Nasarius Kem S.Sos, menyebutkan program ini adalah salah satu penunjang program unggulan Pemkab Sekadau yaitu IP3K. "Terimakasih Pemkab Sekadau yang telah membatu kelompok tani Glotado" kata kades.

Kedepan kades berharap masyarakat desa Setawar tidak lagi membeli beras dari pasar,.untum.itu dia mengimbau agar semua kelompok tani yang ada di desa Setawar akan kita dorong untuk mengelola potensi sawah yang ada kata kades.

"Demplot sawah ini berhasil berkat kerja sama Pemkab Sekadau, kelompok tani Glodato, Yayasan Yan Karulistiwa, dan PT.Agro Andalan" ungkap Kades.

Bupati Sekadau Aron SH  dalam paparannya menyampaikan, bahwa tahun ini semua kelompok tani yang ada akan kita dorong untuk tanam 2 kali setahun. Meski ada beberapa yang gagal panen namun kita tetap mendorong karena pemkab ingin memaksimalkan potensi sawah kita yang ada kata Aron. 

Karena kebutuhan akan beras semakin hari semakin besar, maka tahun ini kita fokus untuk melakukan intensifikasi lokasi yang ada kata Aron.

Kedepan kita berharap kelompok ini bisa berkembang. Kita ingin desa" yang ada untuk mengebangkan potensi yang ada. 

Dulu kunci kesejahteraan orang kita adalah ketersediaan stok pangan. "Apabila padinya banyak stok di lumbung, itu sudah bisa dikatakan sejahtera" ungkap Aron.

Aron berharap masyarakat memiliki kesadaran untuk mengembangkan sektor pertanian. Karena bertani padi juga jika di hitung secara ekonomi bisa juga menguntungkan pungkas  Aron.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP.PKK kabupaten Sekadau Ny.Magdalena Susilawatj Aron SP, Kapolres Sekadau beserta ketua Bhayangkari cabang Sekadau, Dandim 1204 Sanggau, sejumlah kepala SKPD di.lingkungan Pemkab Sekadau, Kapolsek Sekadau Hulu beserta ketua Bhayangkari ranting Sekadau Hulu, Danramil Sekadau,Hulu, Camat Sekadau hulu, Kades Setawar beaerta Jajarannya, kades Ng. pemubuh, kades Tp.Perodah, Pimpinan PT.Agro Andalan beserta jajarannya serta seluruh tamu undangan lainnya. (dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini