-->
    |

Selandia Baru Tunjuk Lelaki Gay Sebagai Wakil PM

Wakil PM Selandia Baru Grant Robertson, memberikan keterangan kepada media di Wellington, 2 November 2020. (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- PM Selandia Baru Jacinda Ardern, Senin (2/11), mengumumkan susunan kabinet barunya, setelah partainya yang berhaluan liberal, Partai Buruh, memenangkan pemilihan kembali dengan kemenangan telak bulan lalu.

Kabinet barunya tersebut luar biasa beragam. Grant Robertson akan menjadi lelaki gay pertama yang memegang jabatan wakil perdana menteri negara tersebut.

Robertson telah lama menjadi teman dekat dan sekutu politik Ardern. Ia juga akan melanjutkan pekerjaan sebelumnya sebagai menteri keuangan.

Robertson mengatakan kepada wartawan di Wellington, ia telah dan selalu berusaha menjadi menteri untuk semua warga Selandia Baru, tetapi juga bangga menjadi teladan bagi komunitas LGBT karena menduduki posisi penting di pemerintahan.

Robertson menggantikan Winston Peters sebagai wakil perdana menteri setelah Peters dan partainya gagal terpilih kembali.

Ardern juga telah menugaskan sejumlah anggota parlemen suku Maori untuk menduduki posisi puncak, termasuk Nanaia Mahuta, yang akan mengambil peran sebagai menteri luar negeri, dan Kelvin Davis, yang akan menjadi menteri urusan anak-anak. Mahuta akan menjadi perempuan pertama di Selandia Baru yang menduduki jabatan menteri luar negeri.

Ardern mengatakan semua jabatan diberikan berdasarkan prestasi.

Pada pemilu 17 Oktober, Partai Buruh memenangkan mayoritas telak di parlemen. Ini untuk kali pertama sebuah partai mencapai prestasi itu sejak Selandia Baru menerapkan sistem pemungutan suara proporsional 24 tahun lalu. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini