-->
    |

Masyarakat Belitang Hulu Keluhkan Pelayanan Puskesmas

 Dewan: Anggarannya Kemana?



Sekadau, Kapuasrayatoday.com - 

Andilala Warga desa Kumpang Ilong kecamatan Belitang hulu mengeluhkan pelayanan di Puskesmas.

Sebab, Ayek sang istri yang baru melahirkan seorang bayi laki - laki di Puskesmas Belitang Hulu minggu dini hari (9/5) harus menyelamatkan sang bayi mengunakan mobil pribadi menuju RSUD Sekadau.

Sebab, bayi yang baru lahir dan belum diberi makan tersebut membutuhkan perawatan intensif karena mengalami kelainan saat sedangkan stok oksigen di Puskesmas tidak ada keluhnya. Sehinga untuk menyelamatkan nyawa sang bayi, harus dirujuk ke RSUD Sekadau.

Namun saat sedang diarahkan menuju RSUD Sekadau, bayi tersebut sudah terdaftar mengunakan mobil pribadi tanpa mengunakan mobil Ambulan karena mobil Ambulan Puskesmas juga sedang rusak.

Menangapj peristiwa tersebut, anggota DPRD dapil III Belitang Liri Muri SE pun angkat bicara.

Liri menyesalkan rendahnya mutu pelayan kesehatan di Puskesmas Belitang Hulu, seharusnya tidak terjadi kata Liri, sebab tambah Liri, bayi yang lahir dengan kelainan seperti itu mestinya dapat ditangani ditingkatkan Puskesmas tidak perlu diarahkan ke RSUD.

"Seharusnya ditingkat Puskesmas bisa membantu, tapi Oksigen tidak ada, Ambulan rusak, jadi mau tidak mau untuk menyelamatkan nyawa sang bayi harus dirujuk ke RSUD mengunakan mobil pribadi" beber Liri.

Sedangkan anggaran untuk kesehatan lanjut Liri, Pemkab bersama DPRD sudah sepakat jadi anggarannya kemana sampai Oksigen pun tidak tersedia di Puskesmas kata Liri mempertanyakan.

Di kompirmasi secara terpisah melalui pesan singkat Bonai Kepala Puskesmas Belitang Hulu sampai berita ini di tulis belum bisa dihubungi.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Sekadau (Dinkes PP & KB) Henry Alpius mengatakan "Belum saya dapat melaporkan pak ..nanti saya cek dulu dibawa kemana pasien tersebut" tulis Henry Alpius.

Penulis. Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini