-->
    |

Polandia Siap Serahkan Sejumlah Jet Tempur ke AS untuk Digunakan oleh Militer Ukraina

Pesawat Tempur F-16 milik Angakatan Udara Polandia Polish terbang di dekat area pangkalan udara Lask, dekat wilayah Lodz, Polandia, pada 28 Juni 2013. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com -  Pemerintah Polandia, pada Selasa (8/3), mengatakan pihaknya siap menyerahkan seluruh armada pesawat jet tempur MIG-29 miliknya kepada Amerika Serikat sebagai bagian dari pengaturan untuk digunakan oleh militer Ukraina.

Keputusan itu diambil ketika Amerika sedang menjajaki proposal di mana Polandia akan memasok pesawat tempur era Uni Soviet ke Ukraina, dan pada gilirannya mendapatkan pesawat F16 Amerika sebagai gantinya.Dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store di Oslo, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan baik Polandia maupun NATO sama-sama bukan pihak yang terlibat dalam perang tersebut.

“Itulah sebabnya” Morawiecki menekankan pada wartawan bahwa “kami siap memberikan semua armada jet tempur kami ke Rammstein (pangkalan militer Amerika di Jerman.red) tetapi tidak siap untuk bergerak sendiri.”

Keputusan pemerintah Polandia ini pertama kali diumumkan secara online lewat pernyataan yang diunggah di situs Kementerian Luar Negeri Polandia.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini