-->
    |

3 Calon Kades Desa Engkersik Sampaikan Visi & Misi

 Yulius Tius :  Saya Akan Mengabdikan Diri Untuk Membangun Desa Engkersik Menjadi Lebih Baik




Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Perhelatan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 juli 2024 di Kabupaten Sekadau.

Salah satu desa yang ikut mengelar Pilkades adalah Desa Engkersik kecamatan Sekadau hilir.

Di desa Engkersik perhelatan tersebut telah membangkitkan semangat tiga calon kades yang lolos seleksi  administrasi oleh panitia Pilkades,  salah satunya adalah Nasarius Yulius Tius  yang mendapat nomor urut 1. 

Yulius Tiuw menyampaikan alasan kenapa tertarik ingin menjadi Kepala Desa.

“Pertama saya terdorong karena keinginan membangun Desa Engkersik. Desa Engkersik adalah desa yang cukup besar oleh sebab itu harus ada  terobosan baru. Desa Engkerik  memiliki peluang dan potensi cukup besar untuk di kembangkan .

Selain itu, pencalonan dirinya juga di amanahkan oleh masyarakat, dan secara pribadi juga saya sudah siap untuk andil  dalam membangun Desa Engkersik ujar Tius Sapaan akrab nya.

Yulius Tius yang  juga aktig di berbagai organiasi baik oraganisasi keagamaan dan lainnya, juga pernah menjadi kepala seksi (Kasi) di pemerintahan Desa Engkersik yang menjadi pengalamannya dalam menjalankan pemerintah Desa.

Sebagai acuan dalam menjalankan oemerintahannya jikta terpilih Yulius Tius menyampaikan visi dan misi yaitu, "Menuju Desa Engkersik Yang Mandiri, Berdaya Saing, Transpransi, Akuntabel dan Bermatabat".

Desa mendiri atau  Desa maju adalah Desa yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan kata Yulius Tius.

Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa adalah pintu perubahan yang diharapkan untuk terciptanya desa yang sejahtera. Good governance adalah hal mendasar yang menjadi prioritas yang wajib dilakukan oleh pemerintah desa. Tentunya tata kelola yang baik (good governance) memerlukan sumber daya manusia yang berintegritas, kompeten dan profesional  dalam mengolah dan mengelola sumber daya alam (SDA) yang ada di desa. 

Adapun hal yang lain, dalam tata kelola yang baik, harus dilakukan secara terstruktur dan sistematis agar desa tidak hanya mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan yang dilakukan, akan tetapi dapat meningkatkan desa yang berdaya saing.

Tentunya untuk menuju desa yang berdaya saing diperlukan sumber daya manusia yang mumpuni. SDM ini tidak mesti di dapat dari bangku pendidikan saja tetapi juga bisa didapat melalui pelatihan – pelatihan. Untuk itu ke depannya saya akan memperioritaskan peningkatan SDM yang ada di Desa Engkersik. 

Transparansi adalah prinsip yang menjamin akses atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, yakni informasi tentang kebijakan, proses pembuatan dan pelaksanaannya, serta hasil-hasil yang dicapai. Kita aka menjamin semua pelasaksanaan di Desa bisa di akses semua oleh msyarakat, tidak ada yang kita tutup – tutupi apalagi dalam pengunaan dana ADD dan DD.

Transparansi adalah membangun rasa saling percaya antara pemerintah desa dengan publik di mana pemerintah desa  harus memberikan informasi akurat bagi publik yang membutuhkan.

Akuntabel adalah suatu prinsip yang mengajarkan mengenai transparansi kinerja serta pertanggungjawaban seseorang atas tugas maupun kewajibannya. 

Jika saya terpilih menjadi kepala Desa Prinsip – prinsip ini lah yang akan saya jalankan. Biar masyarakat mengetahui semua yang akan kita lakukan untuk pembangunan di desa janji Yulius Tius.

Bermartabat adalah terpenuhinya harkat kemanusiaan yang tercermin oleh terpenuhinya hak asasi setiap individu. Desa Engkersik sendiri terdiri darai berbagai suku dan Agama, ini merupkan suatu asset desa. Oleh sebab itu ke depannya dia akan menghidupakan kembali budaya – budaya yang ada di Engkersik. jawa ada tradisi kuda lumping, NTT ada tadisi kucaci, dayak ada tradisi tarian dayak. 

Tentu nya dalam membangun desa  perlu dukungan dan keterlibatan dari berbagi Pihak, oleh sebab itu saya akan menjalin hubungan kerja sama dengan berbagi pihak ketika saya terpilih menjadi Kades Engkrsik ke depan nya. 

Yuliu Tius  menyampaikan harapanya kepada warga Desa Engkersik .

“Harapan saya kepada masyarakat semoga semua warga masyarakat Desa Engkersik  bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, "tidak Golput, dan bisa memilih siapa calon kades terbaik menurut mereka, tentu saja saya mohon doa dan dukungan kongkrit dari warga Engkersik ,”tutupnya 

Penulis.     Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini