|



Buka Pembinaan IDM Tahun 2023, Ini Pesan Aron

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas indek desa membangun (IDM) kabupaten Sekadau tahun 2023,

Pemkab Sekadau melakukan pembinaan kepada desa sasaran IDM tahun 2023 yang berlangsung di aula kantor PT.Bank Kalbar cabang Sekadau pada Rabu (31/8) 2022.

Ketua pelaksana Heru Pratikno dalam laporannya menyebutkan, tujuan dilaksanakannya  kegiatan ini adalah untuk pembinaan desa sasaran IDM  dan peningkatan kapasitas pendamping tahun 2023 kata Heru Pratikno.

Ia juga menyebut berjumlah peserta ada 35 orang. Jlah tersebut terdiri dari tingkat kabupaten ada 4 orang. Pendamping desa ada 12 orang dan pendamping lokal 19 0rang.

Untuk tahun 2023 ada 10 desa calon sasaran IDM yang tersebar di semua kecamatan se-kabupaten Sekadau.

Pada tahun 2022 di kabupaten Sekadau tidak ada lagi desa tertinggal. 

Dan telah terjadi peningkatan desa mandiri 16 dari 16 desa tahun 2021, menjadi 28 desa pada tahun 2022 ungkap Heru Pratikno.

Dia juga berharap bupati bisa hadir dalam setiap rakor pendamping desa tutupnya.

Bupati Sekadau Aron SH yang didaulat untuk membuka kegiatan pembinaan IDM tujuan kegiatan ini untuk mengetahun target IDM kita bisa tercapai atau tidak kata Aron.Aron juga menegaskan di Sekadau sudah tidak ada lagi desa dengan status desa tertinggal. Ini semua berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak ujar Aron.

Di Sekadau tambah Aron, tahun ini ada penambahan 7 desa sehingga dari 87 desa yang ada menjadi 94 desa.

Salah satu faktor penentu status desa adalah SDM. Selain faktor SDM faktor Listrik juga menjadi salah satu penyebabnya kata Aron. Sampai saat ini masih ada 18 desa di kabupaten Sekadau yang belum ada jaringan listriknya sehingga ini menjadi pekerjaan berat kita bersama untuk memperjuangkannya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada di desa.Bagaimana desa bisa maju tentu harus diatasi masalahnya.

ADD desa kata Aron lagi lebih di fokuskan untuk pemberdayaan masyarakat jangan fokus pada pembangunan fisik punglas Aron.

Kegiatan tersebut dihadiri bupati Sekadau Aron SH. Kadis PMD Sabas S.IP, Kacab PT.Bank Kalbar Sekadau,, camat se-kabupaten Sekadau, para kades sasaran IDM dan para pendamping desa.

Penulis.     Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini