|



Peresmian Gereja Agung Sekadau Meriah, Ribuan Umat Katolik Hadir, Memasuki Halaman Gereja, Bupati, Wakil Bupati Dan Uskup Mgr.Julius Gullio Mencucini Diiringi Tarian Adat Setempat

 

Pembukaan plang nama Gereja Agung oleh Bupati, Wakil Bupati, Uskup,Ketua Komisi V DPRRI, dan Tamu Undangan istimewa

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH, wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH bersama  Uskup ke Uskupan Sanggau Mgr.Julius Gullio Mencucini pada Rabu (19/10) 2022 secara sermi meresmikan pengunaan Gereja Agung Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau di jalan Merdeka barat desa Sungai Ringin kecamatan Sekadau hilir.

Bupati dan rombongan memasuki halaman Gereja Agung


Prosesi peresmian dimulai dengan pancong buluh muda dilanjutkan dengan prosesi adat setempat injak telur yang diiringi tarian adat setempat.

Prosesi adat setempat injak telur sebelum memasuki halaman Gereja Agung


Usai prosesi ijank telur bupati dan Uskup beserta rombongan menuju ke tangga utama gedung Gereja Agung. Namum sebelum memasuki gedung Gereja Agung, bupati dan Uskup terlebih dahulu menanda tangani prasasti peresmian.

Penandatanganan prasati Gereja Agung oleh Uskup Mgr.Julius Gullio Mencucini dan Bupati Sekadau Aron SH.


Sebelum menaiki tangga Gereja, Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus S.Sos di beri kehormatan untuk melakukan penguntingan pita dan selanjutnya, bupati dan Uskup memulai prosesi pemberkatan bagian gedung Gereja.

Penguntingan pita di tangga utama Gereja Agung oleh ketua Komisi V DPRRI Lasarus.S.Sos.M.Si.


Setelah pemberkatan bagian luar Gereja, Uskup secara resmi membuka pintu utama Gereja dan dilanjutkan dengan pemberkatan bagian dalam gedung Gereja yang dilanjutkan dengan misa kudus.

Pemberkatan bagian dalam Gereja Agung oleh Uskup Mgr.Julius Gullio Mencucini


Bupati Sekadau, Aron SH dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan biaya yang tidak sedikit untuk membangun Gereja ini kata Aron.

Foto bersama tokoh masyarakat dan anggota DPRRI, dan DPRD serta Tamu Undangan khusus


Semoga dengan berdirinya Gereja Agung ini semakin mengokohkan tekat kebhenekaan negara kita yang terdiri dari berbagai etnis dan Agama sehingga tercipta semangat kekeluargaan dan kebersamaan untuk mewujudkan keharmonisan hidup di masyarakat ucap Aron.

Bupati Sekadau Aron SH saat memberikan sambutan


Menurut Aron, pembangunan dibidang Agama mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat penting untuk meletakan landasan moral yang kokoh untuk kenerhasilan pembangunan Nasional.

Aron menambahkan, untuk oprasional Gereja Agung, Masjid Agung dan Cristian Center mulai tahun depan akan di tanggung oleh pemerintah daerah melalui dana hibah ucap Aron.


Pembangunan Gereja Agung menelan biaya sekitar 49 Miliar, yang berasal dari dana hibah Pemkab Sekadau, Pemprov Kalbar, Bantuan dari ke Uskupan Sanggau, swadaya umat dan dari para donatur.

Peresmian dihadiri tamu undangan dari kabuoaten Sanggau, Sintang, Melawi, Kaouas Hulu, ketua komisi V DPR-RI Lasarus.S.Sos.M.Si, Perwakilan dari Pemprov Kalbar, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Ketua dan Anggota DPRD kabupaten Sekadau, para Pastor, suster, Diakon dan para tokoh masyarakat lainnya.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini