|

Mewakili Pj.Gubernur, dr.Herkulana Makarryani Buka Rakon BKOW XXII Di Sekadau


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Provinsi Kalimantan Barat mengelar rapat konsolidasi (Rakon) ke XXII tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Ketaketik jalan Merdeka Selatan Sekadau Jumat (8/9) 2023 malam.

Rakon BKOW dan GOW 2023 mengambil tema “Peran Organisasi Wanita Dalan Meningkatkan Partisipasi Politik Perempuan Pada Pemilu 2024”.

Ketua penyelengara Rakon ke XXII BKOW dan GOW yang juga ketua GOW kabupaten Sekadau Ny.Wiwin Atriana Subandrio S Sos dalam laporan singkatnya mengatakan, bahwa peserta BKOW dan GOW tahun 2023 terdiri dari para pengurus GOW dari 14 kabupaten kota se-Kalimantan Barat. “Peserta Rakon ke XXII BKOW dan GOW tahun 2023 adalah pengurus GOW dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar” kata Ny.Wiwin Atriana Subandrio.S.Sos.

Ketua BKOW Provinsi Kalimantan Barat Hj.Erlinawati Naser dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakon BKOW tidak terlaksana selama dua tahun berturut-turut kerena adanya wabah covid-19. 

Sebagai tuan rumah Rakon ke XXII BKOW dan GOW tahun 2023 kami mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati kabupaten Sekadau yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk kegiatan ini kata Erlina.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bupati dan wakil bupati Sekadau yang telah menyediakan tempat dan waktu untuk kegiatan Rakon ini” ucap Erlinawati.

Dia menambahkan, Rakon ini diikuti oleh para pengurus GOW dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar dengan jumlah peserta sekitar 300 orang. Kita akan mengadakan kembali Rakon BKOW dan GOW pada tahun 2025 dengan tuan runah kota Singkawang tambah Erlinawati. Tahun 2024 kita tidak mengadakan Rakon BKOW dan GOW karena bertepatan dengan tahun politik (Pilkada) karena para ketua GOW belum diketahui. Dan yang sekarang juga akan kembali bertarung di Pilkada 2024 ucap Erlinawati.

Bupati Sekadau Aron SH dalam perayaannya menyambut baik kegiatan Rakon BKOW dan GOW. Menjadi tuan rumah kegiatan merupakan suatu kehormatan bagi kami kata Aron. Aron berharap dari Rakon ini dapat menghasilkan rekomendasi untuk pemkab Sekadau dan Kalbar pada umumnya. 



Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan gagasan dan ide cemerlang untuk kemajuan kaum perempuan dimasa yang akan datang sehingga peran wanita dalam dunia politik sangat strategis ujar Aron..

Pj Gubernur Kalimantan Barat dalam Berbagai yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalbar Herkulana Mekarryani mengatakan,

Kesetaraan politik kaum perempuan saat ini sudah semakin baik dengan semakin banyaknya kaun perempuan yang menjadi bupati maupun gubernur.

Hal tersebut terjadi karena 3 faktor yaitu

1 Pendidikan Politik Perempuan semakin baik.

2 Kesadaran berpolitik kaum perempuan yang semakin tinggi, dan

3.Ekonomi kaum perempuan yang juga semakin baik kata Herkulana.

Dimasa yang diharapkan akan datang partisipasi politik kaum perempuan semakin baik.

GOW juga diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah. Saat ini indek pembangunan perempuan (IPP) di Provinsi kalbar yang masih berada pada peringkat 30 dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Tugas berat kaum perempuan saat ini adalah mencegah stunting dan perkawinan anak dibawah umur.

GOW juga diharapkan mampu meningkatkan ekonomi, gagasan serta wawasan yang luas bagi kaum Perempuan kata Herkulana Makaryani.

Usai memberikan sambutannya, atasnama Pj Gubernur Kalbar Herkulana Makarryani secara resmi membuka Rakon BKOW dan GOW tahun 2023 yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali.

Kegiatan inj dihadiri bupati, wakil bupati, ketua TP.PKK Ny.Magdalena Susilawati Aron SP, ketua GOW, Waka Polres, perwakikan dari Kodim 1204 Sanggau, para kepala SKPD dan sejumlah tamu undangan lainnya. (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini