-->
    |

Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Kabupaten Sintang Serukan Pemilu Damai Dan Bermartabat


 Sintang,Kapuasrayatoday.com —

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Kabupaten Sintang menggelar orasi dan Deklarasi Pemilu Damai di simpang 5 Tugu Adipura, Selasa 16 Januari 2024 sore.

Orasi dan deklarasi pemilu damai diikuti puluhan mahasiswa dari Bem STKIP, Unka Sintang, STTIS, STTK Sintang dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian.

“Aksi hari ini kami dari BEM se Kalbar khususnya sintang melaksanakan kegiatan orasi dan deklarasi pemilu damai. Kami mendukung pemilu berlangsung damai, nyaman dan sukses, tanpa politik sara, politik uang dan hoax,” kata Ketua korda 2 BEM se-Kalbar wilayah sektor timur Kabupaten Sintang, Fransiskus Agustyan Sandan. 

Fransiskus merasa berisiko dengan narasi elit politik selama masa pemilu yang saling menjatuhkan lawan demi popularitas. Seharusnya, selama tahapan pemilu dibangun narasi positif, adu gagasan untuk membangun Indonesia.

“Suasana pemilu cukup membuat pusing. Banyak para petinggi menjatuhkan satu sama lain demi menaikan integritas mereka menjadi seorang pemimpin,” jelas Fransiskus.

Oleh karena itu, BEM mendorong masyarakat untuk berpikir terbuka menyikapi dinamika politik, supaya jangan sampai hanya karena pilihan berbeda yang mengakibatkan perpecahan.

“Mari tolak politik uang. Memilih jangan karena tugas itu besar. Saya sarankan jangan sampai pilih pemimpin karena uang kita salah pilih. Pilih pemimpin yang membawa perekonomian Indonesia maju. Mari jadikan Pemilu yang jujur, adil, dan aman,” ajak Fransiskus.

Dalam aksi damai tersebut, BEM SEKA Cabang Sintang menyampaikan beberapa tuntutan, antara lain:

Menuntut kepada pemerintah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Menuntut kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran berita hoax dan disinformasi tentang Pemilu.

Menuntut kepada pemerintah untuk mengawasi dan menindak tegas praktik politik uang dalam Pemilu.

Dalam orasinya, Ketua BEM SEKA Cabang Sintang, Franzanda, mengatakan bahwa Pemilu merupakan momen penting bagi bangsa Indonesia untuk menentukan pemimpinnya. Oleh karena itu, pemilu harus diselenggarakan secara damai, demokratis, dan berintegritas.

“Kami mendesak kepada pemerintah untuk menjamin keamanan dan menjaga keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Kami juga mendesak kepada pemerintah untuk mencegah penyebaran berita hoax dan disinformasi tentang Pemilu. Selain itu, kami juga mendesak kepada pemerintah untuk mengawasi dan menindak tegas praktik politik uang dalam Pemilu,” kata Franz.

Aksi damai ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Sintang. Aksi damai ini berjalan dengan aman dan tertib.


Pesan untuk Masyarakat


BEM SEKA Cabang Sintang juga menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. BEM SEKA Cabang Sintang mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan cerdas.

"Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024. Gunakan hak pilih Anda dengan bijak dan cerdas. Pilihlah pemimpin yang jujur, adil, dan berintegritas," kata franz.

BEM SEKA Cabang Sintang berharap bahwa Pemilu 2024 dapat diselenggarakan secara Damai, Demokratis, dan Berintegritas. (Rob/tim liputan/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini