-->
    |

Dit Binmas Polda Kalbar Melaksanakan ICT (In Country Training) Lintas Polda

Foto: Ditbinmas Melakukan ICT Lintas Polda

PONTIANAK,Kapuasrayatoday.com- Ditbinmas Polda Kalbar melaksanakan ICT (In Country Training) lintas Polda di Hotel Golden Tulip Pontianak selama 3 hari. Acara ini dimulai pada hari Selasa tanggal 9 November dan ditutup pada Kamis 11 November 2021. 

Dimana peserta acara ini terdiri dari Polda Non Pilot Project program JICA.

JICA (Japan International Cooperation Agency) merupakan badan kerja sama Internasional Jepang, yaitu sebuah lembaga yang didirikan pemerintah Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang. 

Lembaga ini berada di bawah kekuasan Departemen Luar Negeri dan didirikan pada Agustus 1974.

Pada acara ini, JICA diwakili oleh Higashi yang merupakan Expert JICA.

Polda Kalbar merupakan Polda Mandiri Polmas yang telah dinyatakan mampu untuk melaksanakan pelatihan baik Internal maupun pelatihan kepada Polda lainnya.

Sampai saat ini selama sekitar 20 tahun, JICA telah mengembangkan proyek kerjasama ini. Community Policing yang dipelopori oleh JICA ini telah menjadi Polmas (Pemolisian Masyarakat), 

Yaitu suatu kegiatan untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan Anggota Polri dan Masyarakat, sehingga mampu mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban Masyarakat di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya di Indonesia. 

Polri mengadakan pelatihan Polmas di seluruh wilayah di Indonesia agar Polmas menyebar ke seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan ini Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Kalbar AKBP Ayun Kuswanaji, A.Md menyampaikan dukungannya terhadap acara tersebut.

"saya sangat mendukung kegiatan ICT Lintas Polda ini yang diikuti oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Kalimantan Tengah, Kapolres Kapuas Polda Kalimantan Tengah, para Bhabinkamtibmas di Polda Kalimantan Tengah"

Salah satu cara untuk memperluas Polmas secara nasional adalah ICT Lintas Polda Mandiri Polmas terhadap Polda Non Pilot Project. 

ICT Lintas Polda kali ini diselenggarakan oleh Polda Kalbar dengan peserta dari Polda Kalteng.

Penulis : Bripka Imam Bil Husna
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini