|

Satu Calon BPD Tapang Pulau Dinyatakan Gugur

SEKADAU,Kapuasrayatoday.com -
Menyusul desa - desa lain yang telah melaksanakan pemilihan anggota BPD untuk periode tahun 2019 - 2025, Desa Tapang Pulau juga akan melaksanakan hal tersebut yang akan di mulai pada tanggal 20 - 25 maret tahun 2019 di masing - masing dusun yang ada.

Hal ini di katakan oleh  Kades PAW desa Tapang Pulau, Elpedeus usai rapat persiapan bersama panitia pemilihan BPD setempat di kantor desa  "Untuk sistem yang akan kita gunakan adalah one name one vote, artinya setiap nama yang ada di DPT akan mendapatkan kertas suara berdasarkan DPT di tiap - tiap dusun yang ada atau dengan menggunakan KK dan KTP bila namanya belum terdaftar di dusun tempat tinggalnya, " ungkapnya 

Ia menambahkan,adapun jumlah kursi ada 7 kursi dengan keterwakilan masing - masing dusun 1 orang dan para calon di tiap dusun juga telah memenuhi syarat kecuali Dusun SP. 2 Sengkarong yang mana calon dusun setempat dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat.
"Calon dari Dusun SP. 2 Sengkarong di nyatakan panitia tidak lolos karena tidak memenuhi syarat sebab yang bersangkutan masih terdaftar sebagai warga di lain desa, jadi untuk keterwakilan dusun setempat akan di isi dari Dusun Tapang Pulau karena merupakan desa induk, " tambahnya.

Untuk waktu pemilihan akan di mulai pada pukul 13.00 wib hingga selesai dengan jadwal pemilihannya adalah sebagai berikut : Dusun SP. 3 Sengkarong ada 3 orang calon akan di laksanakan pemilihan pada tanggal 20 maret 2019.
Dusun SP. 2 Sengkarong tidak memiliki calon karena sudah dinyatakan tidak memenuhi syarat.
Dusun Melanjan di pastikan calonnya  1 orang calon dan waktu pelaksanaannya pada tanggal 22 maret.
Dusun Engkuning tanggal 23 maret dengan calon yang akan di pilih ada 2 orang.
Dusun Sungai Sawak atau Batu Ampar ada 2 orang calon pada tanggal 24 maret.dan terakhir di Dusun Tapang Pulau akan di laksanakan pada tanggal 25 maret 2019 dengan jumlah calon ada 4 orang.
" Pemilihan di Tapang Pulau ini juga bersamaan dengan pemilihan keterwakilan perempuan. Dari 4 calon akan di ambil adalah suara terbanyak pertama dan pemilihnya adalah keterwakilan dari setiap lembaga - lembaga wanita yang ada seperti organisasi ibu - ibu WK, BKMT atau majelis taklim, Perkawan dan juga ibu - ibu PKK setempat, dan akan ditambah juga 5 orang perwakilan dari ibu - ibu dusun masing - masing, " ujarnya menambahkan.

Di tempat terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Tapang Pulau Brigadir Tiborsius Sugianto menambahkan bahwa dirinya mewakili pihak kepolisian siap mengamankan jalannya pemilihan Anggota BPD Desa Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir Kabupaten Sekadau. Selama ini situasi keamanan dan ketertiban warga Desa Tapang Pulau selalu kondusif. " Saya selaku Bhabinkamtibmas disini akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga situasi kamtibmas selama pemilihan BPD berlangsung agar situasi tetap aman dan damai seperti situasi selama ini yang selalu aman dan terkendali " ujarnya singkat.Termasuk menjelang dan paska pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan kabupaten serta pemilihan presiden dan wakil presiden yang di laksanakan serentak, pada 17 April mendatang di harapkan agar tetap kondusif.

Penulis.  Muhammad Sandi
Editor.     Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini