|

Wakil Bupati Sanggau Hadiri Acara Deklarasi Penilaian PKK-KKBPK Kesehatan



Sanggau,Kapuasrayatoday.com

Acara Deklarasi yang diselenggarakan oleh Ibu PKK berjalan dengan lancar yang di hadiri oleh Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si dan hadir juga tokoh masyarakat pada acara penilaian PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2018 dan Deklarasi Open Defecation Free (ODF), bertempat di Desa Tajung Merpati, Kecamatan Kembayan, Senin pagi (18/3/2019) pukul 09.00 WIB.


Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penilai dari PKK-KKBPK-Kes Provinsi Kalbar Merry, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si, Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ignatius Iranto, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny.Kusbariah Ontot, Camat Kembayan Drs.Inosensius Nono, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili,
Camat se-Kabupaten Sanggau, Forkompimcam, Kades Tanjung Merpati Siroudin, Anggota TP-PKK, GOW Kabupaten Sanggau serta para tamu undangan.


Kedatangan Wakil Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat Desa Tanjung Merpati dan sebelum menuju ketempat duduk yang telah disediakan terlebih dahulu diiringi dengan Tarian Khas Melayu dari Group MA Fadhillah.


Sebagai pembuka acara, Kepala Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan mengucapkan selamat datang kepada Wakil Bupati Sanggau beserta rombongan, yang juga hadir tim penilai/juri PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Kalbar diantaranya Wakil Ketua Pokja IV Provinsi Kalbar Ny.Imelda, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Bertua Aritorang, Nursiah dan Paulus Izak Sintan, TP-PKK Provinsi Kalbar Levitmiang dan Rayna Anita, BKKBN Provinsi Kalbar Angga Pramana dan Yanto di Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan ini.


“Atas nama Pemerintah Desa Tanjung Merpati mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang telah memberikan kepercayaannya kepada Desa Kami untuk mengikuti lomba PKK-KKBPK-Kesehatan ini, yang mana sudah dicanangkan pada 31 Oktober 2018 yang lalu. Sehingga dengan ini merupakan bentuk penilaian prestasi atas program dan kegiatan yang telah dilakukan. Tentu dengan harapan sebagai cerminan keunggulan TP-PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera dan kelompok Dasa Wisma. Menyikapi hal tersebut maka perlu dukungan berbagai pihak seperti dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, OPD terkait, Tokoh Pemuda, Agama dan Masyarakat. Perlu kami sampaikan bahwa terkait dengan dilarang Buang Air Besar Sembarangan (BABS), kami selaku Pemerintah Desa Tanjung Merpati dalam hal ini bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Kembayan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk menguraikan permasalahan BABS tersebut, maka dibuatlah kloset untuk masyarakat yang belum mempunyai jambanisasi atau toilet dirumah masing-masing. Pada kesempatan ini juga kepada Bapak Wakil Bupati Sanggau beserta tim penilai dan tamu undangan bisa melihat langsung dari hasil budidaya dari kami, seperti; tanaman hidroponik dan toga, pada kesempatan ini juga sekaligus dilakukan panen perdana tanaman hidroponik.” (Jelasnya)


Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Sanggau menyampaikan “Ditunjuknya Desa Tanjung Merpati yang mewakili Kabupaten Sanggau sebagai peserta lomba pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kes Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018 dan dinilai pada hari ini tepatnya pada tanggal 18 Maret 2019. Tentunya menjadi pendorong bagi kami untuk lebih meningkatkan usaha yang lebih kongrit lagi dalam meningkatkan peran serta masyarakat. Tentunya untuk merubah diri dan keluarga kearah yang lebih baik, terutama yang berkaitan dengan upaya peningkatan dan pemberdayaan Ibu-ibu rumah tangga dalam keikut sertaan ber-KB serta peningkatan derajat kesehatan anggota keluarga dan lingkungan sekitarnya.” (Ujarnya)

“Dengan kepedulian kita semua serta keterampilan kader dan pemanfaatan data Posyandu menjadi salah satu komponen penting dalam menentukan kualitas pelayanan di Posyandu. Demikian halnya pemanfaatan semua potensi dimasyarakat, seperti hasil pemanfaatan perkarangan, pemeliharaan ternak, dapat diarahkan untuk meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan keluarga. Dibidang program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga diharapkan untuk lebih ditingkatkan kualitas pelaksanaan tugas, fungsi kelompok Dasa Wisma serta kader melalui kegiatan pencatatan, penyuluhan dan penggerakan secara berkesinambungan. Kemudian dibidang program keluarga berencana diarahkan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan KB, pergerakan, pembinaan serta aksesibilitas data dan informasi yang berbasis teknologi informasi.” (Jelasnya)

“Bidang kesehatan difokuskan bagaimana membuat lingkungan bersih dan sehat merupakan salah satu upaya pencegahan berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu berharap kepada kita semua, untuk menjadikan momen penilaian ini sebagai evaluasi yang kongrit, sejauh mana upaya yang telah kita lakukan, baik ditingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten dalam memajukan Desa khususnya Desa Tanjung Merpati ini. Saya ucapkan selamat datang kepada ketua tim penilai tingkat Provinsi Kalbar beserta rombongan untuk melaksanakan penilaian, tentunya kami mempunyai harapan yang positif dari penilaian ini, agar mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki dan mempertahankan hal-hal yang baik dan dikembangkan kedepan, serta bisa menjadi daya tarik atau sebagai contoh untuk Desa-desa yang lainnya dan saya yakin bahwa Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan bisa menjadi juara dalam perlombaan ini” (Tuturnya)

Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dari Desa Tanjung Merpati dan Desa Tunggal Bhakti, serta dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen dan ikrar deklarasi Open Defecation Free (ODF) oleh Pemerintahan Desa Tanjung Merpati, Desa Tunggal Bhakti, Camat Kembayan dan Wakil Bupati Sanggau.

Tim Penilai melakukan penilaian, serta dilakukan panen perdana tanaman hidroponik oleh Wakil Bupati Sanggau.

Sumber : Kominfo Sanggau
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini