|



Santap Unik di Bakso Gulung Bragi, Bakso Dibungkus Kembang Tahu

Bakso Gulung Bragi, Bakso dibungkus kembang tahu. (foto: Suarakalbar.co.id)
Jakarta, Kapuasrayatoday.com - Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan di mana saja. Hampir di semua tempat, kita bisa dengan mudah menemukan penjual atau kedai bakso. Tapi tentu saja setiap bakso punya ciri khas masing-masing, salah satunya bakso yang digulung kembang tahu.

Inovasi ini ditemukan oleh Tariadi asal Bogor, pencipta Bakso Gulung Bragi yang fenomenal. Bakso daging sapi dibungkus kembang tahu ini sudah diciptakan olehnya sejak 15 tahun lalu.

"Ya bikin yang unik aja, karena persaingan kan semakin ketat," ujar Tariadi saat dikunjungi Suara.com di warung Bakso Gulung Bragi di Bogor beberapa waktu lalu.

Mulanya, Tariadi sudah mencoba berbagai macam inovasi. Seperti menggulung bakso dengan kulit tahu atau kulit lumpia.

Saat berhasil menemukan inovasi dengan kembang tahu, ia sempat gagal. Karena ia hanya mengukus bakso dan kembang tahu, membuatnya tak menarik, sebab bau kembang tahu yang menyengat.

Kemudian Tariadi menggorengnya, dan ternyata banyak yang menyukai. Ia terus berinovasi hingga memiliki bermacam-macam menu bakso, seperti bakso mercon isi cabai rawit, gulung otak-otak, atau gulung telor.

Tersedia juga menu mi ayam dalam pilihan mi ayam biasa, mi ayam bakso, dan mi ayam bakso gulung.

Per mangkoknya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, paling mahal gulung komplit plus telur dengan harga Rp 35.000, sedangkan bakso gulungnya juga dapat dijual terpisah dengan harga Rp 10.000 per bijinya.

Suara.com berkesempatan menjajal seporsi menu gulung komplit telur dan gulung daging. Gulung komplit berisikan satu bakso gulung, satu bakso urat, dua bakso halus kecil, dan satu bakso telur.

Pertama kali menyeruput kuah bakso, terasa sangat gurih. Ditambah dengan bakso gulung berbentuk panjang dalam balutan kulit kembang tahu.

Rasanya cukup empuk dan padat, namun sedikit keasinan. Hanya saja tekstur kembang tahu yang unik, sedikit garing karena digoreng, menambah sensasi 'kres' saat mengunyah.

Selera terpuaskan dengan bakso urat dan bakso telur. Tekstur yang lembut dan mudah dikunyah serta rasa gurih lebih pas dari bakso gulung. Satu porsi sudah sangat mengenyangkan.

Saat Suara.com mampir, suasana warung Bakso Gulung Bragi memang tidak terlalu ramai. Namun menurut Tariadi, memang kebanyakan pengunjung padat di akhir pekan dan dari luar Bogor.

Jika Anda ngidam bakso yang segar untuk makan siang atau sore, Bakso Gulung Bragi bisa menjadi pilihan. Bakso Gulung Bragi berlokasi di Jalan Palayu Raya No.21, Bogor Utara. Warungnya berbentuk rumahan dan terpampang nama di depan berwarna merah dan kuning.

Favorit yang bisa Anda coba adalah bakso gulung komplit, atau jika menyukai pedas bisa mencoba varian baru yakni bakso mercon yang berisi cabai rawit. Nyam!

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini