|

Pemprov DKI Hanya Salurkan Bansos Tahap Dua ke Jaktim dan Kepulauan Seribu

Petugas menata paket sembako dan makanan siap saji di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (8/4). (foto: Suara.com)
Jakarta, Kapuasrayatoday.com - Distribusi Bantuan Sosial (Bansos) DKI Jakarta tahap kedua sudah mulai dijalankan sejak Kamis (14/5/2020) kemarin. Namun pada pembagiannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tak membagikan paket sembako ke seluruh wilayah ibu kota.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu mengatakan pihaknya hanya membagikan Bansos ke wilayah Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Menurutnya ini merupakan kesepakatan dengan Pemerintah Pusat.

"Kami hanya sasar Jakarta Tinur dan Kepulauan Seribu saja," ujar Ika saat dikonfirmasi, Jumat (15/5/2020).

Ika mengatakan mekanisme ini memang berbeda dengan Bansos tahap satu. Kali ini distribusi dibagi dua dengan Pemerintah Pusat.

Dengan demikian, daerah lainnya akan disalurkan oleh Kementerian Sosial. Namun jadwalnya ia sebut sama dengan Pemprov, yakni dimulai Kamis lalu sampai 22 Mei.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah merampungkan pendataan penerima Bantuan Sosial (Bansos) tahap dua. Nantinya para penerima ini tidak hanya disalurkan bantuan dari Pemprov, tapi juga dari Pemerintah Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria mengatakan total penerimanya berjumlah 2,153.196 Kepala Keluarga (KK). Data ini sudah disampaikan kepada Kementerian Sosial.

Jumlah penerima ini bertambah hampir dua kali lipat dari sebelumnya karena ada pengajuan dari berbagai pihak. Saat tahap satu, total penerimanya adalah 1,2 juta KK
"Sehingga data awal tadi ditambah data tambahan dan ditambah data usulan RT RW berjumlah kurang lebih 2.153.196 KK," ujar Riza saat dikonfirmasi, Rabu (13/5/2020).

Sumber: Suara.com

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini