|



Jelang Sidang Vonis Penyerangan Novel Baswedan, Begini Kata Pimpinan KPK

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango. (foto: Suara.com)
Jakarta, Kapuasrayatoday.com - Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango meyakini majelis hakim dapat memutus perkara berdasarkan fakta dalam persidangan untuk dua terdakwa penyiraman air keras kepada Novel Baswedan yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir, yang akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (16/7/2020) hari ini.

"Saya tetap percaya majelis hakim akan memutuskan perkara ini sesuai dengan fakta-fakta yuridis yang diperoleh dalam prsidangan," kata Nawawi saat dihubungi, Kamis (16/7/2020).

Apalagi, kata dia, penyidik senior KPK Novel Baswedan merupakan korban dari penyiraman teror air keras itu. Di mana Novel, merupakan aparat negara dalam membantu pemberantasan korupsi di Indonesia.

Maka itu, Nawawi berharap hakim juga dapat memberikan putusan yang maksimal.
"Dan menyandingkannya dengan rasa keadilan masyarakat," tutup Nawawi
Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis hanya satu tahun penjara. Dua anggota Brimob Polri itu dinilai terbukti bersalah secara bersama-sama melakukan tindak pidana penganiayaan berat sebagaimana Pasal 353 ayat (2) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1).

Tuntutan tersebut pun menuai kritik dari sejumlah masyarakat. Pasalnya, hukuman tersebut dinilai tidak adil. Namun, JPU berdalih bahwa pertimbangan pihaknya menuntut kedua terdakwa hanya satu tahun lantaran berdasar fakta persidangan. Mereka berdalih bahwa kedua terdakwa tidak terbukti memiliki niat atau adanya unsur kesengajaan untuk melukai Novel sebagaimana yang tertera dalam Pasal 355 KUHP.

Sementara itu, pengacara terdakwa Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis pun angkat bicara atas kritikan publik terhadap tuntutan ringan yang diberikan JPU kepada kliennya. Mereka membela JPU dan mengklaim bahwa banyak masyarakat hingga praktisi hukum yang merasa paling benar.

Pengacara dari Divisi Humas Polri itu menilai, jika masyarakat hingga praktisi hukum itu mengikuti seluruh proses persidangan maka tidak akan mengkritisi tuntutan JPU terhadap terdakwa yang dinilai ringan tersebut.

"Banyak dari kalangan masyarakat termasuk pemerhati, pengamat dan praktisi hukum yang tidak mengikuti seluruh proses jalannya persidangan yang terjadi namun seolah-olah merasa yang paling mengerti fan paling benar, padahal sebenarnya mereka tidak mendapat gambaran yang utuh tentang fakta-fakta yang terungkap di persidangan," kata pengacara Rahmat Kadir dan Ronny Bugis dalam persidangan dengan agenda pembacaan duplik atas replik JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (29/6/2020).

Sumber: Suara.com

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini