-->
    |

Nokia akan Bangun Jaringan Seluler di Bulan

Logo Nokia ditampilkan pada layar di lantai NYSE di New York (Foto: VOA)

Kapuasayatoday.com
- Perusahaan asal Finlandia Nokia, Senin (19/10), mengatakan NASA telah memilih pihaknya untuk membangun jaringan selular pertama di bulan.

Jaringan di bulan itu akan menjadi bagian dari upaya badan antariksa AS untuk mengembalikan manusia ke bulan pada tahun 2024 dan membangun permukiman jangka panjang di bulan di bawah program Artemis.

Nokia mengatakan sistem komunikasi jarak jauh nirkabel pertama di antariksa ini akan dibangun di permukaan bulan pada akhir tahun 2022, sebelum manusia kembali ke sana.

Perusahaan Finlandia itu akan bekerja sama dengan perusahaan swasta yang mendesain pesawat antariksa, Intuitive Machines. Perusahaan yang berbasis di Texas ini akan mengirim perangkat jaringan tersebut ke bulan.

Setelah pengiriman, jaringan itu akan mengkonfigurasi diri dan membangun sistem komunikasi LTE (Evolusi Jangka Panjang) pertama di bulan, kata Nokia.

“Jaringan itu akan menyediakan kemampuan komunikasi yang penting bagi banyak aplikasi transmisi data yang berbeda, termasuk fungsi komando dan kendali vital, kendali jarak jauh wahana penjelajah bulan, navigasi secara langsung dan streaming video beresolusi tinggi,” kata Nokia. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini