-->
    |

Duta Besar AS Sampaikan Pesan Tahun Baru Imlek Lewat Musik Rap

Dubes AS untuk Vietnam Daniel Kritenbrink (kiri), tampil bersama rapper Vietnam Wowy dalam video klip musik rap untuk menyampaikan selamat hari libur Tet (Tahun Baru Imlek), 9 Februari 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -
Duta Besar AS untuk Vietnam merekam video rap Tahun Baru Imlek untuk negara itu yang menjadi viral dan mengundang kekaguman sekaligus pertanyaan dari para penontonnya.

Daniel Kritenbrink, seorang diplomat karir yang sebelumnya bertugas di Kuwait, China dan Jepang, menelusuri jalan-jalan Hanoi dan Kota Ho Chi Minh dengan mengenakan headphone dan menyanyikan pesan Tet ke negara itu.

Ia ditemani oleh bintang musik lokal yang antusias ketika mereka minum kopi dan mencicipi makanan ringan Vietnam.

Tahun Baru Imlek, yang dalam bahasa setempat dikenal sebagai Tet, adalah hari libur tahunan terpenting bagi orang Vietnam, di mana keluarga biasanya berkumpul.

Peringatan ini juga sangat penting dalam hubungan antara Washington dan Hanoi, ketika Vietnam Utara melancarkan apa yang kemudian dikenal sebagai "serangan Tet" selama liburan tahun 1968, yang membuat pemerintah Saigon selatan yang didukung AS tidak mengetahui serangan itu.

Namun, suasana hati yang jauh lebih ringan dalam video Kritenbrink menunjukkan bahwa diplomat itu menyanyikan lagu rap "Tet yang utama" sambil mengalungkan headphone di lehernya.

Adegan lain menunjukkan ia membawa kemoceng di tangan, melantunkan: "Bersihkan rumah sekarang, sahabat-sahabat sedang dalam perjalanan."

Klip berdurasi tiga menit tersebut disukai dan dibagikan ribuan kali sejak diposting Selasa. Sebagian besar memujinya sebagai video "menyenangkan" atau namun sebagian mencela.

"Apakah Departemen Luar Negeri AS berubah menjadi departemen rapper?," tanya Phuong Nguyen dalam postingan di halaman Facebook resmi kedutaan AS.

Setelah perang selama beberapa dekade antara AS dan Vietnam, hubungan antara kedua negara tersebut secara resmi ditata ulang ketika Presiden Barack Obama berkunjung pada tahun 2016 dan mencabut embargo yang telah lama ada.

Ketegangan perdagangan baru-baru ini meningkat, setelah Washington menuduh Hanoi melakukan manipulasi mata uang.

Tak satu pun dari semua masalah itu yang menghentikan Duta Besar ini.

Ia menyanyikan rap "Dari pantaiku hingga pantaimu, persahabatan kita bertahan lama. AS dan Vietnam, dari sekarang hingga selamanya, kita adalah mitra terpercaya, makmur bersama."  (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini