-->
    |

Program Sidompu Harus Disosialisasikan, Saat Kegiatan DTKS

Foto: Kegiatan DTKS Di Aula Kantor Camat Kapuas

Sanggau.Kapuasrayatoday.com- Kegiatan Rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) Dan Sistem Infomasi Data Kemiskinan Terpadu Kabupaten Sanggau yang dilaksanakan di Aula Kantor Kapuas. Selasa pagi, (16/3/2021)

Dalam menyampaikan kepada peserta kegiatan Kabid PSFM DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau Valentinus Sudarto, S.Sos, M.Si menjelaskan kegiatan ini dibagi menjadi tiga Zona yaitu: Zona satu terdiri dari Kecamatan Kapuas, Parindu, Bonti, Jangkang dan Mukok yang dilaksanakan Pada hari Selasa, 16 Maret 2021 di Kantor Camat Kapuas. 

Zona dua terdiri dari Kecamatan Kembayan, Beduai, Noyan, Sekayam dan Entikong yang dipusatkan di Kantor Camat Beduai pada Hari Kamis, 18 Maret 2021, sedangkan Zona tiga terdiri dari Kecamatan Tayan Hulu, Meliau, Balai, Tayan Hilir dan Toba yang dipusatkan di Kantor Camat Tayan Hilir pada hari Selasa, 23 Maret 2021.

Lanjutnya dari Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau Drs. Aloysius Yanto, M.Si menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) Dan Sistem Infomasi Data Kemiskinan Terpadu Kabupaten Sanggau ini kita lakukan berkaitan dengan perbaikan data DTKS dan penerimaan bantuan sosial baik itu BPNT/Sembako, PKH, BST dan Bantuan Sosial lainnya. Ucapnya.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu: agar data DTKS Kabupaten Sanggau bisa terverifikasi tervalidasi sehingga menghasilkan data kemiskinan Kabupaten Sanggau yang sangat valit, jika data tersebut sudah valit sehingga penyusunan perencanaan pembangunan kedepan sehingga salah satunya rangcangan yang akan kita gunakan adalah bantuan sosial betul-betul tepat sasaran.

Selanjutnya kita juga akan membeck up untuk pendataan yaitu aplikasi Sidompu, dimana aplikasi sidompu ini milik Kabupaten Sanggau guna untuk membeck up DTKS kedepan yang akan di expor ke sik enji , sehingga kedepan kita sudah tidak dipermasalahkan masalah data-data yang selalu di update Kabupaten melalui operator di desa.

Kita juga berharap dukungan dari pemerintah desa, kecamatan bisa maksimal, bersenergi bisa berupa teknis, sarana-prsarana maupun pinansial yang sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga dengan adanya dukungan program maupun aplikasi Sidompu dan Verifikasi dan validasi ini dapat berjalan dengan sukses. Pungkasnya.

Rapat Koordinasi hari juga tetap mengacu pada Prokes Pemerintah Kabupaten Sanggau ungkap Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau Drs. Aloysius Yanto, M.Si.

Camat Parindu Darmikus Heri, S.Sos berharap dengan adanya rapat koordinasi berkaitan dengan pelaksanaan  program Sidompu, sehingga kita tahu semua apa yang dimaksud dengan Sidompu ini sehingga kita tahu bagaimana proses pendataan bagi warga masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Sanggau ini betul-betul terlaksana dengan baik.

Kita juga berharap bahwa program Sidompu ini menjadi induk atau bank data yang valid terutama untuk data warga masyarakat miskin yang bisa menjadi acuan untuk proses penerimaan bantuan-bantuan kedepannya dari Pemerintah, dan tentu terintegrasi, terkoneksi dengan data DTKS kita. 

Sehingga kelaknya program Sidompu ini sudah berjalan dengan baik dapat memperbaiki data DTKS kita, sehingga kedepannya bantuan kita betul-betul tepat sasaran. 

Pada hari ini juga kita bersama kepala desa untuk mendukung program Sidompu ini dalam menghasilkan data kemiskinan yang valid di Kabupaten Sanggau ini. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini