-->
    |

Bupati dan Wakil Bupati Sekadau Buka Konsultasi Publik Terhadap RPJMD 2021 -2026

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati dan wakil bupati Sekadau pada Selasa (25/5) 2021 membuka kegiatan konsultasi publik tentang rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kabupaten Sekadau yang berlangsung di Aula Lantai II kantor bupati Sekadau.

Kegiatan tersebut diikuti dan dihadiri oleh tim penyusun RPJMD dari Universitas Tanjung Pura Pontianak, Ketua dan Anggota DPRD kabupaten Sekadau,Pj Sekda, Asisten, para Pimpinan OPD, Camat se - kabupaten Sekadau yang mengikuti kegiatan ini secara virtual dan para tamu undangan lainnya.

Ketau panitia pelaksana penyusunan RPJMD kabupaten Sekadau Muhammad Isa dalam sambutan tertulisnya mengatakan, tujuan penyelengaraan ini adalah untuk :

1.Memperoleh masukan dan saran sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing perangkat daerah.

2.Sebagai bahan penyempurnaan awal RPJMD kabupaten Sekadau 2021-2026.

Bupati Sekadau Aron SH dalam pidato pembukaannya mengatakan, konsultasi publik merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebagai implementasi Permendagri nomor 86 tahun 2017 dimana dalam amanat Permen tersebut RPJMD harus mencakup data yang menggambarkan kondisi daerah, keuangan daerah, permasalahan dan isu strategis daerah serta visi misi tujuan dan sasaran strategi, arah kebijakan serta program pembangunan daerah, kerangka pendanaan pembangunan serta kinerja penyelengara pemerintah daerah yang akan dilaksanakan dalam lima tahun kedepan kata Aron.

Dikatakan Aron, visi dan misi yang dirumuskan  sudah melalui pemikiran dan diskusi dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen dan kepedulian untuk kemajuan kabupaten Sekadau.

Melihat potensi yang ada, IP3K merupakan sektor yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara terstruktur dan sinergis sehinga daoat memberikan dampak yang luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat

Selama ini lanjut Aron, kabupaten Sekadau dikenal sebagai wilayah pertanian dan perkebunan, namun belum mampu dikembangkan menjadi sektor unggulan yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Untuk itu, Aron berharap beberapa tahun kedepan sektor Perkebunan, Pertanian,dan perikanan tidak lagi hanya sekedar menghasilkan produk- produk yang telah ada, kita berharap sektor ini dapat menghasilkan produk yang memiliki branding yang kuat.

Agar bisa mewujudkan visi tersebut Aron menegaskan agar seluruh OPD menjabarkan visi dan.misi kabupaten Sekadau tahun 2021-2026 dengan : 1.Program prioritas dengan indikator kinerja yang terukur dan relevan dengan perencanaan untuk mengatasi masalah seperti rendahnya IPM, kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan tingginya angka pengganguran.

2. Penyusunan program dengan orientasi keberpihakan dan asas manfaat bagi.masyarakat.

3.Isu strategis harus menjadi perhatian dan pertimbangan yang salah satunya adalah pemulihan ekonomi sebagai dampak covid-19.

4.Penyusunan RPJMD, masing-masing harus berproses untuk menyelesaikan permasalahan agar sesuai dengan RPJMD awal.

5.Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran bagi kita semua kata Aron. Mengutip pernyataan Presiden RI Joko Widodo bahwa "Sebaik apapun perencanaan yang sudah dibuat, kita harus siap melakukan perubahan secara cepat. Yang tidak berubah adalah tujuannya".tutup Aron.

Penulis.    Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini