-->
    |

Cegah Covid-19. Sub Posko PPKM Mikro Sanggau Permai Di Bentuk

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-Sub Posko PPKM Mikro Kelurahan Sungai Sengkuang Terbentuk. Dari tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

Sub Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif.di sekitar lingkungan masing-masing.

Dari Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas.

Sub Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.dari masyarakat itu sendiri.

Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas.

Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa.

Aspek pembinaan berupa : upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. 

Aspek pendukung terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik.

Pembentukan sub posko Kelurahan Sungai Sengkuang tersebut dipimpin oleh kepala desa atau lurah dimana salah satu tugasnya adalah menilai status zona wilayahnya sendiri terhadap masyarakatnya.

Dari penilaian zonasi, maka kepala desa/lurah dapat menentukan tindakan pengendalian yang sesuai dilapangan. Kriteria zonasi terdiri dari zona hijau, kuning, oranye, dan merah.

Selain itu, pimpinan sub posko juga memiliki tugas, yaitu menentukan struktur dan sumber daya manusia (SDM) dalam pembentukan anggotanya.

Berdasarkan Surat Penugasan dari Kelurahan Sungai Sengkuang Bidang Kesra Nomor: 443/317/Kesra tertanggal 05 Mei 2021 sebagai Tindak Lanjut Surat Edaran Gubernur Kalbar Nomor: 289/Kesra/2021 dan Sirat Edaran Bupati Nomor :140/1170/DPMPEMDES-B/2021 tentang Optimalisasi Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa/Kelurahan maka Dibentuklah Team/Petugas Sub Posko PPKM di Sanggau Permai ini yang wilayahnya meliputi RT.12, RT.13 dan RT.14 ( Daftar nama terlampir dlm Surat Tugas ).

Semoga kita semua dapat berkontribusi/berpartisipasi dalam hal kebaikan ini demi menciptakan Kebersamaan,  Keamanan, dan Kenyamanan untuk mewujudkan Sanggau Permai yang Sehat dan Terbebas dari Coid-19 ini.

Melalui posko ini juga kita akan saling berkoordinasi terkait kondisi optimal masyarakat pada 3 wilayah RT tersebut diatas. Dan jika kita temui hal2-hal yang perlu ditindaklanjuti maka kita akan berkoordinasi lanjut pihak-pihak terkait yg ditunjuk ( Kelurahan dan Puskesmas Tj.Sekayam ).(Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini