|



Vigil Kristologus Raih Peringkat Dua Nasional Dalam Ajang Lomba Cipta Lagu Dendang Nusantara : Berikut Kisahnya


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Seniman asal Sekadau, Vigil Kristologus namanya masih sangat asing di dunia musik tanah air. Meski demikian bukan berati ia tanpa prestasi.Terbukti saat mengikuti lomba cipta lagu yang bertajuk "Dendang Nusantara" 2021 yang di selengarakan oleh Kemendikbud tahun 2021, lagu ciptaan Vigil Kristologos masuk kedalam peringkat 10 besar beber  Vigil Kristologos kepada media ini Jumat (18/6) malam.

Vigil menceritakan, dirinya memiliki bakat bermain musik sejak duduk di bangku sekolah dasar. Setelah duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan untuk memeruskan bakat bermusiknya, dia bergabung dengan sanggar seni tari Adau Benaung dibawah asuhan ibu Theresia Lili dan sebagai pemain musiknya. Disinilah dirinya mulai menekuni dunia musik secara serius dan mengikuti berbagai lomba dan festival baik di tingkat lokal maupun Nasional seperti Festival Sanur Village di Bali tahun 2011, Festival Borneo di Banjarmasin  tahun 2013 serta mengisi acara bersklala nasional beber putra bungsu dari empat bersaudara dari pasangan (+) Matius Tius S.Ag dan (+) Paulina Rinjani S.Pd.

Pria lulusan S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik Universitan Negeri Malang 2011-2015 tersebut lahir di Sekadau 24 Juli 1993.

Saat ini Vigil Kristologus sedang mengabdikan diri sebagai tenaga pendidik di salah satu Sekolah Menengah Pertama di kota Malang.

Selain sebagai tenaga pendidik, Vigil juga aktif bermain musik bersama rekan - rekannya yang tergabung dalam

Gurp musik Kos Atos Band, dengan aliran

genre Alternatif Keroncong dari Kota Malang. Selain aktif bersama Kos Atos Band, Vigil juga membuat projek musik tradisional di Vigilantrust dan berkolaborasi dalam karya musisi lain seperti Pagitadi, Iksan skuter dan Begundal Lowokwaru.

Berikut perjalan bermusik Vigil Kristologus

- Sanggar Adau Benaung (2006-2009)

- Anggota Kos Atos Band , Album; Luta (2016), Esok Lagi (2018), Local Heroes (2019).

- Frontman Vigilantrut Band , Album; Percaya (2020).

- Best Performance International Student Cultural Education Foundation Malaysia-Singapore 2017

- International Student Cultural Education Foundation Bangkok, Thailand 2017 

- Penata Musik / SMA Cor Jesu (non ranking) Festival Teater Bulan Sastra dan Bahasa, Fakultas 

Sastra Universitas Negeri Malang 2018

- Penata Musik / SMPK Mardi Wiyata (non ranking) Festival Teater Bulan Sastra dan Bahasa, 

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang 2017

- Pemenang lomba cipta lagu Keuskupan Malang 2019

- 10 Karya Lagu Pilihan Lomba Cipta Lagu Dendang Nusantara 2021 oleh Jalur Rempah 

Kemendikbud Republik Indonesia.

Berikut Kisah Vigil Kristologus pada ajang Lomba Cipta Lagu Dendang Nusantara 2021 yang diselengarakan oleh Kemedikbud.

"Jujur kami merasa senang karena bisa mencapai 10 besar di tingkat Nasional.

Tapi sebenarnya tidak disangka juga karya kami bisa masuk 10 karya terbaik kata Vigil. Kami benar-benar membuat karya itu seperti biasanya saja, karena walau tidak ikut lomba kami pun biasanya membuat lagu tuturnya".

Pada lomba Cipta Lagu Dendang Nusantara 2021 Vigil Kristologos  bertindak sebagai penulis lagu dan komposer, sedangkan untuk musiknya didukung oleh rekan-rekan saya Anggar (vokal), Risandy (Bass), Eka (Gitar), Glorian (Keyboard), Rio (Suling), Bayu (Biola) mereka yang biasa membantu saya untuk memproduksi karya, karya ini direkam oleh Creatorikos Studio kata Vigil mwngisahkan.

Saya pribadi tidak begitu paham sejarah rempah-rempah, sebelum menulis lagu kami melakukan riset terlebih dulu tentang sejarah rempah dan bagaimana rempah mempengaruhi budaya dan sosial di Indonesia sambung dia.

Pada lagu berjudul “Rasa Indonesia” ini Vigil menyampaikan pesan kepada kita semua bahwa betapa luar biasanya cita rasa Indonesia yang sampai bisa dilirik oleh penjuru dunia, betapa Primadonanya rempah - rempah kita dan betapa luar biasa cita rasa (rempah) Indonesia sehinga bisa menyatukan Indonesia tutup Vigil Kristologus.

Penulis.     Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini