-->
    |

Utusan China untuk Afghanistan Bertemu Menlu Iran

Utusan khusus China untuk Afghanistan Yue Xiaoyong (tengah) tiba di sebuah hotel di ibu kota Qatar, Doha, untuk menghadiri pertemuan internasional tentang konflik yang meningkat di Afghanistan, 10 Agustus 2021. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Utusan khusus China untuk Afghanistan Yue Xiaoyong tiba di Teheran, Senin (16/8) untuk mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif di tengah pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban.

Taliban masuk ke ibu kota Afghanistan, Kabul, Minggu setelah pemerintah runtuh dan presiden negara itu ikut dalam eksodus warga negara dan orang asing, menandakan akhir dari kampanye Amerika yang mahal selama 20 tahun untuk membangun kembali negara itu.

Pejuang Taliban bersenjata berat menyebar ke seluruh ibu kota, dan beberapa memasuki istana presiden yang kosong di Kabul.

Puluhan negara dari seluruh dunia mengimbau semua yang terlibat dalam peristiwa di Afghanistan agar memfasilitasi kepergian warga asing dan warga Afghanistan yang ingin meninggalkan negara itu.

Lebih dari 60 negara merilis pernyataan bersama Minggu malam, mengutip apa yang mereka sebut "situasi keamanan yang memburuk" di Afghanistan.(VOA)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini