-->
    |

Gempa Kuat Guncang Siprus dan Turki

Pantai barat Siprus, Paphos, 11 Januari 2022. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Sebuah gempa dengan kekuatan awal 6,1 skala Richter mengguncang negara pulau kecil Siprus dan dirasakan di seluruh wilayah timur Laut Tengah, kata Departemen Survei Geologi negara itu, Selasa (11/1). Sejauh ini, belum ada kerusakan atau cedera yang dilaporkan.

Gempa itu terjadi pada pukul 3.08 pagi waktu setempat dan pusatnya berada sekitar 50 kilometer di lepas pantai barat pulau itu pada kedalaman 25 kilometer. Departemen Survei Geologi itu mengatakan beberapa gempa susulan terjadi tidak lama setelah gempa utama.

Gempa membangunkan beberapa orang dari tidur mereka, terutama di distrik barat pulau Paphos di mana gempa terasa paling kuat. Namun, banyak orang yang tidak menyadarinya dan terbangun dengan ritme rutinitas harian mereka.Polisi mengatakan kepada stasiun televisi CyBC bahwa patroli tambahan telah dikirim ke berbagai penjuru pulau itu, tetapi belum melaporkan adanya kerusakan apa pun.

Banyak orang di negara tetangga Turki juga merasakan gempa tersebut, tetapi tidak ada laporan mengenai korban atau kerusakan.

Di beberapa distrik di provinsi Antalya, Turki Selatan, orang-orang bergegas menyelamatkan diri ke jalan-jalan setelah merasakan guncangan, kata kantor berita DHA.

Siprus terletak di zona seismik aktif di mana sekitar 15 persen gempa bumi di dunia terjadi. Gempa besar terakhir, berkekuatan 6,8, terjadi pada 1996 dan merupakan yang terkuat di pulau itu dalam 120 tahun sebelumnya.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini