-->
    |


SPKS Mitrakan 8 Kelompok Tani Kelapa Sawit Dibawah Naungan Kopbun Persada Engkersik Lestari (PEL) Dengan PT.Agro Andalan


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com  - 

Koperasi Perkebunan (Kopbun) Persada Engkersik Lestari (PEL) binaan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) kabupaten Sekadau secara resmi bermitra dengan PT.Agro Andalan dalam hal jual beli Tandan Buah Segar (TBS) yang berlangsung di kantor Kopbun PEL pada Kamis (27/1) 2022.

Ketua SPKS kabupaten Sekadau Bernadus Mohtar menyebutkan, Kopbun PEL sudah siap bermitra dengan pihak PT. Agro Andalan dalam hal penjualan TBS kata Mohtar.  

Mohtar berharap setelah secara resmi bermitra, harus ada perbedaan antara harga TBS petani yang bermitra dengan para tengkulak atau CV termasuk dalam hal Grading (sortir) sebutnya.

Hal senada juga di sampaikan ketua Kopbun Persada Engkersik Lestari (PEL) Sebinus. Dia berharap harus ada pengecualian antara Kopbun dengan para tengkulak atau CV. Selain itu, PT. Agro Andalan juga bisa memberikan pelatihan terhadap petani kata Sebinus.

Demi kelancaran pengangkutan TBS,

perbaikan infrastruktur juga harus diperhatikan harapnya.

Suplay TBS selama ini sebenarnya sudah kami lakukan, tapi masih melalui pihak ketiga. Kami berharap kedepannya PT Agro dalam bermitra harus sesuai dengan kesepakatan.


Sementara itu perwakilan dari PT.Agro Andalan Marsel mengatakan, pihak perusahaan bisa memahami harapan para petani Kopbun PEL. Dan kita harapkan dalam perjalanannya kita bisa tetap kompak .

Mengenai grading kata Marsel, kita akan menyampaikan hal tersebut ke bagian Agronomi untuk melakukan sosialisasikan mengenai cara panen yang baik dan benar. Dan perlu ada edukasi ke petani juga sambung Marsel.

Setelah kita bermitra kata Marsel, kita akan memperlakukan Kopbun Sebagai mitra bukan sebagai tengkulak tegas Marsel.

Penulis Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini