|



Erdogan Tiba di Arab Saudi untuk Perbaiki Hubungan yang Retak


Presiden Turki Tayyip Erdogan berjalan bersama Gubernur Makkah Pangeran Khaled al-Faisal ketika ia tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi, pada 28 April 2022. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pada Kamis (28/4) malam, mendarat di Arab Saudi dalam upaya memulihkan kembali hubungan kedua negara pasca insiden pembunuhan wartawan Arab Saudi di Istanbul.

Lawatan itu menandai upaya terbaru Ankara memulihkan hubungan dengan saingan utamanya di kawasan Timur Tengah tersebut. Lawatan ini sekaligus merupakan yang pertama yang dilakukan Erdogan ke negara kerajaan itu sejak tahun 2017, sebelum berlangsungnya pembunuhan terhadap wartawan Jamal Khashoggi oleh agen-agen Arab Saudi di kantor konsulat Saudi di Istanbul.Erdogan disambut di bandara Jeddah oleh Guberur Makkah. Foto-foto resmi yang dikeluarkan Saudi Press Agency (SPA) dan Kementerian Media Kerajaan Arab Saudi menunjukkan Erdogan didampingi istrinya saat mendarat.

Awal bulan ini Turki membatalkan sidang pengadilan terhadap 26 warga Arab Saudi yang diduga terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, yang sebelumnya dikenal kerap mengkritisi Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman melalui tulisannya di surat kabar The Washington Post.Pembatalan sidang itu dilihat sebagai isyarat yang membuka jalan bagi lawatan Erdogan ke Arab Saudi di mana ia diperkirakan akan bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Erdogan mengatakan pembicaraannya di Jeddah akan berfokus pada cara meningkatkan kerjasama, serta perkembangan regional dan internasional.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini