-->
    |

Bangladesh Resmikan Jembatan Sungai Padma

Jembatan terpanjang di Bangladesh di Sungai Padma dekat Dhaka, Ibu Kota Bangladesh, Sabtu, 25 Juni 2022. Butuh delapan tahun untuk membangun jembatan sepanjang 6.51 kilometer senilai $3,86 miliar. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina telah meresmikan jembatan terpanjang di negara itu. Jembatan itu dibangun selama delapan tahun dan diwarnai penundaan, konflik politik, biaya tinggi dan tuduhan korupsi.

Pembukaan jembatan di Sungai Padma itu menjadi puncak target infrastruktur penting oleh Hasina. Pemerintahannya menggambarkan proyek itu sebagai sesuatu yang paling bernilai, yang mencerminkan ketabahan, tekad dan ketahanan pemerintah di tengah tekanan internasional dan kritikan domestik.

Pembangunan jembatan sepanjang enam kilometer oleh perusahaan China itu dimulai pada November 2015. Jembatan itu bertujuan menghubungkan wilayah barat daya negara itu dengan Ibu Kota Bangladesh, Dhaka, lewat jalan dan rel.

Jembatan yang terbuat dari baja itu mencakup jalan raya empat jalur di bagian atas dan rel kereta satu jalur di bagian bawah.

Proyek berbiaya $3,86 miliar atau lebih dari Rp 57 triliun dan merupakan salah satu satu proyek terbesar di Bangladesh. Seluruh biayanya didanai oleh pemerintah, setelah Bank Dunia dan badan-badan pemberi pinjaman lainnya mundur dari proyek itu menyusul skandal korupsi yang melibatkan sebuah perusahaan konstruksi Kanada yang terkait dengan jembatan itu.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini