|



Delapan Anggota Kongres Partai Republik yang Setujui Pemakzulan Trump Tersingkir dari Kongres


Kandidat anggota DPR asal Partai Republik untuk mewakili negara bagian Wyoming, Liz Cheney, berbicara dalam acara penghitungan suara hasil pemilihan awal di Jackson, Wyoming, pada 16 Agustus 2022. (Foto: VOA)


Kapuasrayatoday.com - Seminggu sebelum mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden pada Januari tahun lalu, sebanyak 10 anggota DPR AS asal Partai Republik bergabung dengan anggota Partai Demokrat yang lain untuk bersama melancarkan upaya pemakzulan terhadap Trump.

Upaya tersebut diambil setelah Trump dinilai telah memprovokasi terjadinya serangan terhadap Gedung Capitol pada 6 Januari 2021Lebih dari satu setengah tahun kemudian, Trump melakukan pembalasan terhadap para anggota kongres yang hendak memakzulkan dirinya pasca pemberontakan 6 Januari tersebut.

Empat dari 10 anggota kongres itu memilih pensiun ketimbang menghadapi kandidat yang didukung Trump dalam pemilihan pendahuluan perwakilan partai yang sulit. Sementara empat anggota lainnya mengalami kekalahan dalam persaingan dalam pemilihan pendahuluan tersebut. Mereka kalah bersaing dari kandidat yang didukung Trump dalam beberapa bulan terakhir.

Hanya dua dari 10 penentang Trump itu yang kini tersisa dan akan memasuki pemilu sela pada November nanti, untuk menghadapi lawan mereka dari Partai Demokrat..Penentang Trump yang paling vokal adalah Liz Cheney, anggota DPR dari negara bagian Wyoming. Ia kalah telak dalam pemilihan pada Selasa (16/8) dari Harriet Hageman, seorang kandidat yang didukung oleh Trump. Hageman merangkul klaim Trump yang tanpa bukti bahwa dirinya telah dicurangi dalam pemilihan presiden pada 2020 lalu.

heney memainkan peranan penting dalam penyelidikan kongres terhadap serangan 6 Januari di Gedung Kapitol dan pada usaha Trump untuk membalikkan hasil pemilihan setelah ia mengalami kekalahan pada pemilihan presiden November 2020 lalu.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini