|



Penerimaan Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar Periode 2023-2028 Akan Segera di Buka

Foto:Timsel Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Dr. Endah Rantau Itasari, S.H., M.Hum. Moch. Andri WP, S.Sos, 

Sanggau.Kapuasrayatoday.com- Sosialisasi Pembentukan Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Periode 2023-2028 oleh Timsel Bawaslu Provinsi Kalbar Kepada Organisasi Masyarakat Sanggau di Ruangan Rapat Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sanggau Jalan Jenderal Sudirman Kabupaten Sanggau. Senin (31/10/2022)

Turut menghadiri Ketua Bawaslu Sanggau Alipius.SH, Kepala Sekretariat Syukur, Timsel Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Dr. Endah Rantau Itasari, S.H., M.Hum. Moch. Andri WP, S.Sos, Panwascam Kapuas Siswanto Syahputra bersama Unsur Organisasi Wanita Sanggau.

Pendaftaran anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat untuk Pemilu 2024 Sebentar lagi dibuka, berikut syarat dan ketentuan untuk menjadi anggota Bawaslu provinsi Kalimantan Barat. Tutur Moch. Andri WP, S.Sos Timsel Bawaslu Provinsi 

Seperti yang diketahui, seleksi anggota bawaslu periode 2023-2028 Pemilu 2024 menjadi suatu hal yang banyak dicari oleh masyarakat. Khususnya yang memiliki keinginan menjadi penyelenggara pemilu yang akan datang.

Maka dari itu, dalam kegiatan ini akan dibahas mengenai syarat calon Anggota Bawaslu Periode 2023-2028 Pemilu 2024. Sekaligus Bawaslu kabupaten Sanggau yang sebentar lagi dibuka. Ucapnya 

Tim Panitia Pelaksana penerimaan anggota Badan Pengawas Pemilu biasa disingkat Bawaslu merupakan salah satu badan Ad Hoc yang ditugasi menggelar pelaksanaan pengawasan pemilu ditingkat kabupaten.

"Adapun diantara Bawaslu dan KPU memiliki tugas umum yang sama, yakni melaksanakan penyelenggaran pemilu sesuai dengan konteksnya."

Namun secara tugas dan tupoksi serta cakupan, memiliki kajian dan wilayah penugasan yang berbeda.

Pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Barat (Bawaslu Kalbar) resmi dimulai, dilaksanakan terbuka dan terbuka untuk umum.

Dia mengatakan, untuk melihat seluruh persyaratan dan ketentuan yang ada, masyarakat dapat melihat dan mengunduh secara langsung di laman (website) resmi Bawaslu Kalbar di kalbar.bawaslu.go.id.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang akan berpartisipasi dalam penjaringan calon komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar dapat menyerahkan seluruh dokumen persyaratan ke sekretariat tim seleksi.

Nantinya, bagi para pendaftar calon komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar yang lolos administrasi wajib membuat makalah tentang pengawasan kepemiluan serta disampaikan saat tes tertulis.

Sedangkan tim seleksi bertugas melaksanakan seluruh tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Kalbar pada periode 2023-2028. Tutur Andri

Selanjutnya, untuk tahapan seleksi berkas administrasi dan pengumuman hasil penelitian atau seleksi oleh tim seleksi dilakukan sesuai Tahapan dilanjutkan dengan tes tertulis, tes psikologi dan pengumuman hasil tes tersebut.

"Untuk mendapatkan calon anggota Bawaslu Provinsi Kalbar yang berintegritas, berkapasitas dan moralitas tinggi, tim seleksi akan menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap para calon," katanya.

Kemudian, pada calon yang lolos tahapan sebelumnya, akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara. Pleno tim seleksi dilanjutkan pengumuman hasil tes kesehatan dan wawancara. 

"Sementara penyusunan laporan akhir penjaringan dan penyaringan nama calon komisioner Bawaslu Kalbar dan laporan akhir tim seleksi ke Bawaslu RI" kata Andri

Tahapan dilanjutkan dengan uji kepatutan dan kelayakan calon komisioner Bawaslu Kalbar sedangkan pengumuman anggota Bawaslu Kalbar terpilih dilakukan sampai Tahapan akhir dilakukan dengan pembekalan anggota terpilih. Tuturnya 

Tim seleksi calon komisioner Bawaslu Kalbar sendiri terdiri dari lima orang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan yang berbeda-beda.

Sebagai Narasumber Pansel Penerimaan Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat memberikan informasi atau sosialisasi penerimaan komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Dr. Endah Rantau Itasari, S.H., M.Hum. Moch. Andri WP, S.Sos (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini