-->
    |

Koramil 1205-16 Belimbing Melaksanakan Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru

Melawi,Kapuasrayatoday.com -
Koramil 1205-16/Pamuar yang dipimpi  langsung oleh Pj.Danramil Pamuar Pelda Suki Widodo beserta anggota Babinsa Desa Laman Bukit melaksanakan sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru tingkat Desa di Aula Kantor Desa Laman Bukit Kecamatan Belimbing Kabuoaten Melawi  Rabu (04/3) 2020.

Dalam sambutanya , Danramil mengatakan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan pihaknya juga dihadiri  perangkat Desa ,insan Pers, Hansip, Tokoh masyarakat, Tokoh Adat se Desa Laman Bukit.serta 4 calon Kades.

Widodo berharap,melalui sosialisasi program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di bumi khatulistiwa tingkat desa ini terlihat langit yang biru dan tidak melihat kabut asap seperti tahun tahun lalu ketika musim kemarau akibat kebakaran ladang dan hutan.

" Inilah salah satu ide program yang kegiatan langit biru di wilayah Kec.Belimbing yg kususnya Desa Laman Bukit untuk mengajak kita bersama seluruh lapisan masyarakat agar peduli lingkungan . Menuju langit biru ini merupakan sangat luar biasa dan harus di dukung bersama oleh seluruh lapisan masyarakat " ujarnya.

Danramil, mengajak masyarakat desa laman bukit untuk merubah cara berladang dan bersawah yang benar sehingga tidak menimbulkan masalah kebakaran dan kabut asap.yang akan merugikan kita semua, oleh karena itu Danramil mengajak masyrakat untuk mengolah lahan dengan pola baru yaitu berladan dan bersawah dengan mengolah tanah dengan baik, seperti halnya tanah itu harus di cangkul (di gemburkan) sehingga akan menghasilkan tanaman yang baik dan subur, dengan pola ini masyarakat tidak perlu berladang berpindah pindah,dan lahan garapan yang terlalu luas serta jauh, cukup bersawah dengan lahan yg semampunya mengolah namun hasilnya yang banyak.

" Selain itu Danramil juga mengatakan bahwa menebas kayu kayu dan pohon tumbuh di  lahan yang akan dijadikan ladang dan sawah jangan di bakar ,karena pohon pohon tersebut bisa di olah menjadi cuka kayu, cuka kayu bisa di jadikan pupuk dan obat hama,

" Saya menghimbau kepada seluruh warga desa Laman bukit dapat bekerja sama mensukseskan program Desa mandiri Menuju langit biru ,tandasnya.

Sumber.    Koramil 1205-16 Pemuar.
Editor.       Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini