-->
    |

Biar Tak Ditolak Warga, Pemkot Medan Siapkan Pemakaman Khusus Korban Corona

Ilustrasi pemakaman jenazah pasien dalam pengawasn (PDP) Covid-19 dengan standar Organisasi Kesehata Dunia (WHO) yakni membungkusnya dengan plastik. (foto: Suara.com)
Medan,Kapuasrayatoday.com - Sebagai langkah untuk mengantisipasi penolakan warga terhadap pemakaman pasien positif virus corona yang meninggal, Pemkot Medan menyatakan telah menyiapkan lahan pemakaman khusus.

“Pemkot Medan sudah menyiapkan tempat pemakaman khusus jenazah yang meninggal positif corona. Hal ini kita siapkan karena selama ini ada hambatan seperti penolakan warga. Makanya kita siapkan tempat penguburan khusus, tim penanganan yang khusus serta alat penguburan yang khusus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, sebagaimana dilansir Medanheadlines.com (jaringan Suara.com), Selasa (31/3/2020).

Menurut dia, dengan upaya tersebut, proses penguburan jenazah positif Covid-19 tidak akan menjadi masalah di lingkungan masyarakat.

“Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi,” katanya.

Edwin juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi cemas dan ragu apabila ada pasien virus corona meninggal dunia dan akan dimakamkan.

"Hal penting yang harus dijaga proses penguburannya harus cepat sebelum 4 jam. Apalagi dengan tim pengubur yang betul bisa bekerja maksimal, tentunya proses penguburan tidak akan lagi dapat menularkan," katanya.

Hanya saja, Edwin tak menyebut secara rinci di mana lokasi pemakaman khusus untuk pasien virus corona yang meninggal itu.

“Kalau lokasinya nantilah kita informasikan. Yang pasti sudah kita siapkan,” katanya menambahkan.

Sumber:  Suara.com

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini