-->
    |

Tingkat Kesembuhan di Ketapang Hanya 4,7 Persen, Kadinkes Kalbar: Kalau Tak Mampu Tangani Sila Dibawa ke Pontianak

Kadinkes Kalbar dr Harisson MKes. (foto: Suarakalbar.co.id)
Pontianak, Kapuasrayatoday.com - Kasus kesembuhan konfirmasi Covid-19 yang ada di Kalbar khususnya di Kabupaten Ketapang kian lambat.

KadinKes Kalbar dr Harisson M.Kes, menegaskan untuk lebih memberikan perhatian kepada kasus terkait konfirmasi Covid-19 yang ada di kawasan yang terkenal dengan kota ale-ale itu.

"Saya ingin memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Ketapang dimana tingkat kesembuhannya hanya 4,7% dan ini menurut saya perhatian Dinkes maupun pemerintah Ketapang terhadap konfirmasi kasus covid-19 ini kurang," ungkap Harisson.

Kemudian Harisson menyarankan kepada pemerintah kabupaten Ketapang untuk mencontoh Kota Pontianak dalam menangani konfirmasi kasus covid-19 yang dimana tingkat kesembuhan nya mencapai 48%.

Dimana Kota Pontianak benar-benar memperhatikan dengan menyediakan rusun yang dikelola oleh perawat dan dokter dengan memperhatikan menu makanan dan gizi yang baik sehingga membantu dalam proses kesembuhan konfirmasi kasus covid-19.

"Mereka benar-benar memperhatikan menu makanan yang baik jadi disitu ada diberikan makanan yang bergizi seperti madu, alpukat, buah-buah pepaya kemudian telur semua makanan-makanan bergizi. Sehingga ini akan sangat membantu dalam  proses kesembuhan kasus konfirmasi Covid-19," bebernya.

Selanjutnya secara tegas Kadinkes Kalbar menawarkan kepada Dinkes Ketapang untuk membawa kasus konfirmasi Covid-19 ke Kota Pontianak jika Dinkes dan pemerintah setempat tidak mampu menangani kasus-kasus konfirmasi Covid-19.

"Jadi kalau memang Dinkes Ketapang tidak mampu menangani kasus-kasus konfirmasi Covid-19 ini saya menawarkan agar dibawa ke Pontianak. Jadi nanti kalau dibawa ke Pontianak kami akan rawat di Upelkes dan akan kami perhatikan dengan serius supaya kasus di kabupaten Ketapang bisa cepat sembuh," tegasnya.

Di Kabupaten Ketapang tercatat ada satu orang kasus konfirmasi Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh dari paparan virus covid-19. "Ketapang itu ada satu orang yang sembuh. Ada seorang anak berumur 16 tahun dari klaster jemaag Tabligh, jadi ini baru satu yang sembuh," sambungnya.

Tak lupa pula Harisson memberikan peringatan kepada kabupaten atau kota yang lain dimana angka kesembuhan masih dibawah 20% agar segera Dinkes setempat benar-benar memperhatikan kondisi kasus konfirmasi Covid-19 supaya bisa beraktivitas seperti sedia kala.

"Untuk tingkat kesembuhan pasien konfirmasi Covid-19 di Kalbar ini sebesar 39%, jadi ini memang sangat bergantung pada kabupaten atau kota yang ada di Kalbar," pungkasnya.

Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini