|



Gubernur Kalbar Siapkan Sangsi,Daerah Yang Abaikan Masalah Covid-19

 Handi; Ini Pukulan Telak



Sekadau
, Kapuasrayatoday.com - Gubernur Kalimantan Barat, H.
Sutarmidji menyebut daerah-daerah yang tidak mengirimkan hasil swab tidak akan diprioritaskan dalam pembangunan.

Salah satu dari tiga kabupaten di Kalbar yang disebutnya tidak proaktif mengirimkan sampel swab adalah Kabupaten Sekadau.

"Kita akan tunda transfer bagi hasil pajak daerah. Kenapa? Karena pemerintah-pemerintah daerah ini tidak peduli. Coba saja kalau tidak percaya. Saya, apa yang saya katakan itu yang saya lakukan," ujar Sutarmidji usai pelantikan PJs Bupati Bengkayang, seperti dilansir Ruai TV, Rabu (30/9) kemarin.

Ketiga daerah tersebut, kata Gubernur, merupakan zona hijau. Namun status tersebut tidak menjamin tidak ada kasus covid-19 di daerah itu.

"Zona hijau. Tapi bahaya. Saya persis tahu. Karena saya selalu lihat datanya per hari, per jam, dari pak Harisson (Kadinkes Provinsi Kalbar-red)," ungkap Sutarmidji.

Menanggapi pernyataan Gubernur, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Handi mengatakan hal tersebut merupakan sebuah menggulung telak bagi Kabupaten Sekadau.

"Ini merupakan sebuah kemunduran. Raport merah bagi Kabupaten Sekadau," kata Handi, Kamis (1/10).

Ia menilai, sanksi yang diberikan gubernur merupakan kebijakan atas kebijakan pemerintah daerah yang disebutnya cenderung abai dalam penanganan covid-19.

"Benar sekali apa yang disampaikan pak gubernur. Jika tidak ada swab, bagaimana kita bisa tahu seseorang terpapar atau tidak," tutur Handi.

Namun demikian, ia mengapresiasi penjabat sementara Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin yang hanya beberapa hari setelah pelantikan langsung mengambil kebijakan pelayanan uji swab gratis yang mulai diberlakukan di Puskesmas Sekadau Hilir sejak Rabu (30/9) kemarin.

"Kita tidak menyalahkan siapa-siapa. Satgas, khususnya dinas terkait tentu tidak dapat berbuat jika tidak ada arahan dari pimpinan. Padahal gubernur sudah mengimbau sejak lama agar daerah melakukan uji swab. Syukurlah ibu Pjs Bupati Sekadau segera mengambil kebijakan tersebut," ucap Handi.

Ia berharap, dengan diberlakukannya uji swab gratis di Kabupaten Sekadau pemetaan covid-19 bisa kita kontrol ujar Handi.

"Mudah-mudahan tidak ada kasus covid-19 di Kabupaten Sekadau," harap dia.

Penulis.    Tim Liputan

Editor       Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini