-->
    |

Facebook Batalkan Kabel Jaringan Trans-Pasifik

Para pekerja di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -
Facebook telah membatalkan rencana untuk menghubungkan California, Taiwan, dan Hong Kong melalui jaringan kabel bawah laut sepanjang 12.000 kilometer, dengan alasan ketegangan antara AS dan China.

Raksasa media sosial itu kepada harian Wall St. Journal, yang menurunkan berita tersebut mengatakan Facebook menghentikan proyek tersebut karena tekanan politik dari pemerintah AS, yang menekankan potensi masalah keamanan nasional.

"Karena kekhawatiran yang sedang berlangsung dari pemerintah AS mengenai hubungan komunikasi langsung antara Amerika dan Hong Kong, kami telah memutuskan untuk menarik permohonan Komisi Komunikasi Federal kami," kata juru bicara Facebook.

"Kami berharap bisa bekerja sama dengan semua pihak untuk menata ulang sistem guna mengakomodasi kekhawatiran pemerintah AS."

Facebook, bersama beberapa perusahaan China termasuk China Telecom, mengajukan izin untuk memulai jaringan kabel itu pada tahun 2018. Kabel tersebut akan mempercepat aliran data di seluruh Pasifik.

Ini bukan pertama kalinya kabel Pasifik yang mencakup Hong Kong itu ditunda. Pada September 2020, Google dan Facebook membatalkan Jaringan Kabel Cahaya Pasifik yang akan menghubungkan AS dengan Taiwan, Hong Kong, dan Filipina.

Pada waktu yang hampir bersamaan, Facebook dan Amazon mencampakkan usulan sambungan jaringan kabel antara San Francisco dan Hong Kong yang disebut Bay to Bay Express Cable. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini