-->
    |

Forkopimcam Menjalin Hadiri Rapat Adat Balala Nagari

Suasanan kegiatan Bahaum di Rumah Adat Dayak Menjalin. (foto: Suara Kalbar)

Kapuasrayatoday.com 
- Bertempat di Rumah Adat Dayak Menjalin dilaksanakan kegiatan Bahaum yaitu rapat dalam rangka pelaksanaan Ritual Adat Dayak Balala Nagari serentak pada tiga kabupaten, Rabu (19/5/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Camat Menjalin, Kapolsek Menjalin, Danramil Menjalin, Ketua DAD Menjalin, Kepala Desa /Perwakilan di Kecamatan Menjalin, Perangkat Adat Petugas Satgas Covid-19 Menjalin serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Kapolsek Menjalin, Iptu Burhan Nuddin mengatakan bahwa isi dalam rapat tersebut bahwa di Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak akan diadakan Balala yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021 mendatang serentak di Kabupaten Landak, Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah untuk menekan angka penyebaran penularan Covid-19 di Kecamatan Menjalin," ungkap Iptu Burhan Nuddin.

Kapolsek Menjalin juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Menjalin agar tetap mematuhi kebijakan pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Dan menjaga situasi tetap aman dan kondusif," pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan Ritual Adat balala Nagari di Kecamatan Menjalin akan dilaksanakan ritual Adat Dayak Muang Parahu pada Rabu (26/5/2021) mendatang. Adapun rute arak-arakan dari Keramat Bomi turun ke Sungai Bandung, Pasar Menjalin, Mensio, Tanjam, Simpang Raba, Raso, Sepahat,  Lonjengan yang berakhir menghanyutkan parahu di pangkalan Sungai Mempawah (Karimawatn Sakayu) dekat Keramat Pati Patinggi.

Pelaksanaan Ritual Adat Dayak Balala Nagari merupakan tradisi adat masyarakat Dayak sejak jaman dahulu dan sampai saat ini tidak melanggar aturan undang-undang dan norma-norma yang berlaku. (Suara Landak)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini