|



Polisi Israel, Pengunjuk Rasa Bentrok di Al-Aqsa

Pasukan keamanan Israel dalam posisi siaga saat warga Palestina berunjuk rasa di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, 21 Mei 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -
Bentrokan terjadi antara demonstran Palestina dan polisi Israel setelah salat Jumat (21/5) di kompleks Masjid Al-Aqsa, tempat suci bagi umat Yahudi dan Muslim di Yerusalem yang menjadi sumber konflik antara kedua pihak.

Belum jelas apa yang memicu kekerasan itu. Polisi menembakkan granat kejut dan gas air mata, sedangkan warga Palestina melontarkan batu setelah ratusan orang ambil bagian dalam unjuk rasa untuk merayakan gencatan senjata, di mana mereka melambai-lambaikan bendera Palestina dan Hamas serta menyemangati kelompok militan itu.

Bentrokan antara demonstran dan polisi di sana pada awal bulan ini merupakan salah satu penyulut utama pertempuran baru-baru ini.

Sebelumnya ribuan orang turun ke jalan-jalan Gaza sewaktu gencatan senjata mulai berlaku pada hari Jumat (21/5) pukul 2 pagi.

Kaum muda melambai-lambaikan bendera Palestina dan Hamas, membagi-bagikan permen dan camilan manis, membunyikan klakson dan menyalakan kembang api.

Suasana perayaan meriah juga berlangsung semalam di Yerusalem Timur dan di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Israel merebut ketiga wilayah itu pada perang tahun 1967 dan Palestina menginginkan daerah itu sebagai wilayah negara mereka pada masa mendatang. (VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini