-->
    |

Kebakaran Hutan di California Utara Bisa Meluas ke Selatan

Kebakaran hutan "Caldor Fire" yang melanda kawasan hutan nasional "Eldorado" dekat kota Kyburz, California (21/8).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Kebakaran hutan yang membakar beberapa rumah di dekat Los Angeles bisa menjadi pertanda kawasan itu menghadapi bahaya yang sama seperti yang menghanguskan California Utara pada musim panas ini.

Kebakaran di San Bernardino County yang terjadi Rabu sore (25/8), dengan cepat membakar beberapa ratus hektar dan merusak atau menghancurkan setidaknya puluhan rumah dan bangunan di kaki bukit daerah timur laut Los Angeles, kata petugas pemadam kebakaran. Para petugas pemadam kebakaran menggunakan sekop, buldoser dan mencurahkan air dari udara untuk mencegah kebakaran itu mencapai komunitas kecil di Lytle Creek dan Scotland.

Sekitar 600 rumah dan bangunan lainnya bersama saluran transmisi listrik terancam oleh kobaran api dan 1.000 penduduk diperintahkan mengungsi.

Menjelang malam, petugas pemadam kebakaran tampaknya berhasil mengatasi kebakaran dan hanya sedikit api terlihat. Tetapi kobaran api itu mengkhawatirkan, karena musim kebakaran di California Selatan, biasanya terjadi pada akhir tahun ketika angin Santa Ana yang kering dan kuat bertiup dari pedalaman menuju pantai.Setelah beberapa hari mengalami cuaca yang lebih sejuk, wilayah California selatan diperkirakan akan kembali panas sampai akhir pekan yang bisa meningkatkan risiko kebakaran hutan. Selain kondisi kering yang berbahaya, wilayah itu menghadapi kekurangan staf pemadam kebakaran, kata Lyn Sieliet, juru bicara Hutan Nasional San Bernardino.

“Sebagian petugas pemadam kebakaran yang biasanya menjaga hutan kami sedang menangani kebakaran di California Utara, atau di Idaho dan Washington,” katanya kepada KTLA-TV. “Kami tidak memiliki staf lengkap seperti biasanya.”

Kebakaran-kebakaran terbesar di negara bagian dan AS terjadi di California Utara, membakar kota-kota kecil di pegunungan dan menghancurkan petak-petak besar hutan kering.

Kebakaran Caldor telah menghancurkan 500 rumah sejak 14 Agustus di Sierra Nevada, barat daya Danau Tahoe, termasuk sebagian besar dusun kecil Grizzly Flats. Kebakaran itu berhasil ditangani 12% dan mengancam lebih dari 17.000 struktur.

San Jose Mercury News melaporkan, Buck Minitch, seorang petugas pemadam kebakaran di Pioneer Fire Protection District, dipanggil untuk bertugas minggu lalu sementara istrinya mengungsi dari rumah mereka di Grizzly Flats bersama dua putri mereka, tiga anjing, anak kucing dengan hanya membawa taspakaian

Hannah Minitch dievakuasi ke properti orang tuanya dan keesokan paginya mendapar pesan dari suaminya yang menunjukkan sisa cerobong asap tempat rumah mereka dulu berdiri. Keduanya menangis di telepon sebelum Minitch kembali bekerja.

"'Kita tidak punya apa-apa lagi di sini," demikian kata suaminya. "Saya harus pergi melindungi apa yang tersisa bagi orang lain."

Api yang dipicu angin sempat membakar 405 hektar lahan per jam dan pada hari Rabu, api itu jaraknya kurang dari 37 kilometer dari Danau Tahoe, tempat liburan pegunungan dan tempat wisata yang membentang di batas negara bagian California-Nevada.

Tidak ada evakuasi di Tahoe tetapi api terus mengepulkan asap kuning di atas wilayah yang indah itu.

Komunitas di South Lake Tahoe dan Tahoe City di tepian barat danau itu memiliki polusi udara terburuk di negara bagian itu pada Rabu siang, menurut AirNow, mitra badan udara federal, negara bagian dan lokal.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini